Ketua PMI Makassar, Dr. Syamsu Rizal MI saat meninjau gerai donor darah di Masjid Al-Markaz, Sabtu (25/03/2023) malam/ Ist

Hari Pertama Berhasil Kumpulkan 47 Kantong Darah, Ketua PMI Makassar Harap Partisipasi Masyarakat

Minggu, 26 Maret 2023 | 17:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar kembali membuka gerai donor darah di Masjid Al-Markaz, Sabtu (25/03/2023) malam.

Gerai donor darah ini menjadi agenda rutin PMI Makassar dalam memenuhi permintaan darah masyarakat selama bulan suci Ramadan 1444 Hijriah.

pt-vale-indonesia

Pada pembukaan gerai donor darah di hari pertama, antusias masyarakat begitu besar. Terbukti hingga selesai PMI Kota Makassar berhasil mengumpulkan 47 kantong darah.

Dalam pelaksanaan ini, dihadiri langsung Ketua PMI Makassar, Dr. Syamsu Rizal MI dan didampingi Wakil Kepala Unit Transfusi Darah PMI Makassar, Khudry Arsyad.

Pria yang dikenal ramah dan murah senyum ini terlihat menyapa satu persatu pendonor dan memberikan jempol, bahkan tak sungkan Deng Ical mengabadikan moment tersebut melalui smart phone milik pendonor.

“Mantap. Terima kasih sudah mau mendonorkan darah ta,” ujar Deng Ical, sembari mengangkat kedua jempolnya.

Syamsu Rizal MI mengatakan, gerai donor darah ini untuk mengantisipasi ketersediaan stok darah selama bulan suci Ramadan.

“Karna kalau bulan puasa itu biasanya berkurang pendonor sukarela, sehingga berpengaruh ketersediaan stok darah di UTD PMI, sementara permintaan darah terus ada, itu yang mesti kita antisipasi,” kata Deng Ical sapaan akrab Ketua PMI Makassar ini.

Olehnya itu, ia berharap partisipasi masyarakat dalam pembukaan gerai donor darah ini. Dengan besarnya partisipasi masyarakat, PMI dapat memenuhi permintaan darah dari rumah sakit.(*)


BACA JUGA