Pasang Protesa Mata ke 38 Pasien, FKG Unhas Pecahkan Rekor Muri

Sabtu, 15 April 2023 | 16:23 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Departemen Prostodonsi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Departemen Mata Fakultas Kedokteran Unhas bergabung dalam sebuah kegiatan bakti sosial pembuatan protesa mata yang bertema “Kado Mata Buat Lebaran”.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian institusi pada masyarakat. Juga untuk menunjang program pemerintah dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

pt-vale-indonesia

Pendaftaran kegiatan bakti sosial ini dibuka pada bulan Januari 2023 dan berhasil menarik perhatian sebanyak 62 pasien.

Selanjutnya, para pasien menjalani proses screening yang dibantu oleh dokter spesialis mata dari Departemen Ilmu Penyakit Mata, Fakultas Kedokteran Unhas.

Dari hasil screening, sebanyak 38 pasien dinyatakan memenuhi syarat dan melanjutkan proses pencetakan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGMP) Unhas.

Ketua Panitia, Drg Irfan Dammar mengatakan bahwa selama bulan Februari, para pasien yang telah memenuhi syarat menjalani beberapa kali kunjungan untuk proses pencetakan.

“Namun, terdapat sejumlah 12 pasien yang tertunda pencetakannya karena perlu menjalani operasi ulang akibat belum adanya protesa mata setelah operasi sebelumnya,” katanya, Sabtu (15/04/2023).

Kegiatan bakti sosial ini mendapat dukungan penuh dari Badan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (BSI) dan BSI Maslahat sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR).

Sebelumnya, pada 2022 lalu, Departemen Prostodonsi FKG Unhas berhasil mencatatkan rekor MURI dengan kegiatan pemasangan gigi tiruan secara serentak.

Kegiatan pembuatan protesa mata secara serentak berhasil memecahkan rekor MURI untuk yang kedua kalinya, yang diadakan pada tanggal 14 April 2023 di RSGMP Unhas.

Departemen FKG Unhas dan Perhimpunan Dokter Spesialis Prostodonsi memiliki kompetensi dalam rehabilitasi kelainan maksilofasial akibat kelainan bentuk kongenital, malformasi, atau kelainan lain pada rahang atas, wajah, atau tulang wajah.

Selain membuat gigi tiruan, mereka juga mampu membuat protesa mata, protesa hidung, protesa telinga, dan protesa maksila dan mandibula yang diakibatkan oleh kehilangan struktur wajah akibat kecelakaan atau operasi.

Kegiatan bakti sosial ini melibatkan kolaborasi antar multidisipliner yang terkait untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu dalam mendapatkan fasilitas kesehatan.

Keluarga besar Departemen Prostodonsi FKG Unhas sebagai host bekerja keras dalam mensukseskan kegiatan ini.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan FKG Unhas, RSGMP yang telah memberikan fasilitas dalam melancarkan acara ini.

“Semoga kegiatan bakti sosial ini dapat memberikan motivasi bagi mereka untuk para pasien menjelang hari raya Idulfitri,” pungkasnya.(*)