Stunting di Gowa Berada Di Angka 33 Persen, Priska: Perlu Kerjasama Semua Pihak Turunkan Stunting

Senin, 31 Juli 2023 | 19:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Prevalensi stunting di Kabupaten Gowa masih berada di angka 33 persen, tertinggi di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kita masih berada di angka 33% tertinggi di Provinsi Sulawesi Selatan dan zona merah, sehingga TP PKK Kabupaten Gowa tidak bisa bekerja sendiri,” tegas Priska Paramita Adnan.

pt-vale-indonesia

Untuk menurunkan prevalensi stunting di Kabupaten Gowa yang saat ini berada pada angka 33 persen kata Priska, Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa tidak bisa bekerja sendiri.

Pihaknya membutuhkan stakeholder, para Kepala Puskesmas, Ahli Gizi hingga dokter yang peduli.

Oleh karena itu, Tim Penggerak PKK kabupaten Gowa pada beberapa waktu lalu telah menggelar Seminar Peran dan Kompetensi Masing-masing Stakeholder dalam Percepatan Penurunan Stunting.

Kegiatan yang merupakan rangkaian dari Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 Tingkat Kabupaten Gowa ini berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Jumat (28/07/2023).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan dihadapan ahli gizi dan dokter menuturkan, tugas besar dokter hingga ahli gizi tingkat puskesmas dalam penurunan stunting di Kabupaten Gowa sangat penting.

“Penanganan penurunan stunting di Kabupaten Gowa hingga kini menjadi tugas besar bagi kepala Puskesmas, tugas besar bagi ahli gizi, tugas besar bagi para dokter di semua Puskesmas di wilayah Kabupaten Gowa,” kata istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ini.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, drg Abd Haris menuturkan, sebanyak 78 peserta yang mengikuti seminar ini merupakan para Kepala Puskesmas dan tenaga pelaksana gizi se-Kabupaten Gowa.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih meningkatkan peran dan kompetensi dari masing-masing kader PKK maupun Kader Posyandu di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Para peserta akan memperoleh materi terkait dengan penanganan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Gowa oleh Pakar Gizi masyarakat, Dr dr Tan Shot Yen.(*)


BACA JUGA