Wujudkan Program Danny-Fatma, Balitbangda Makassar Teliti Soal Smart CCTV Program Jagai Anak Ta

Kamis, 17 Agustus 2023 | 20:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi atau Danny-Fatma memiliki program Jagai Anak ta’. Program ini terus digalakkan dan dikembangkan. Misalnya dengan penambahan teknologi.

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Makassar menggelar Seminar Kemajuan Penelitian Inovasi dan Teknologi SMART CCTV Program Jagai Anak Ta’ di Hotel Santika, Selasa (15/08/2023). Itu, dalam kegiatan penelitian pengembangan perekayasaan di Bidang Teknologi dan Inovasi.

pt-vale-indonesia

Kepala Balitbangda Makassar, Andi Bukti Djufrie mengatakan, implementasi konsep smart city di Kota Makassar terus diperkuat dengan aplikasi baru yang dikembangkan secara spesifik, dengan tetap mengakomodasi kearifan budaya lokal untuk mewujudkan Makassar sebagai yang kota cerdas (smart) dengan dukungan teknologi digital.

Beberapa inovasi baik pengembangan infrastruktur dan aplikasi, terus ditingkatkan hingga kini. Semuanya dijalankan dengan semangat Sombere. Pemerintah percaya bahwa teknologi harus berjalan selaras dengan identitas dan budaya warga lokal oleh karena itu beberapa aplikasi di antaranya difokuskan untuk meningkatkan layanan dasar pemerintah kepada masyarakat.

“Salah satu program inovasi yang dicanangkan oleh Wali Kota Makassar yaitu Jagai Anak ta’ yang patut kita suport bersama. Hal Ini butuh kolabroasi bersama, karena dalam situasi anak yang memprihatinkan saat ini, dimana bentuk-bentuk kekerasan anak semakin tinggi di Kota Makassar dan angka kejahatan yang melingkupi anak sebagai pelaku maupun sebagai korban,” tukas Andi Bukti Djufrie, Rabu (16/08/2023).

Sebagai bentuk penguatan terhadap program ini, kata Andi Bukti–sapaan akrabnha tentunya penggunaan teknologi akan sangat diperlukan.

Tidak hanya peran orang tua yang menjadi fokus pada pengembangan program ini. Namun seluruh stakeholder dibutuhkan untuk menjaga anak-anak kita dalam memenuhi hak-hak mereka untuk menciptakan ruang-ruang bagi tumbuh kembang mereka.

“Jadi, salah satu fokus Balitbangda pada tahun ini yaitu melakukan penelitian terkait SMART CCTV yang mendukung Program Jagai Anakta. Tentunya melalui peneltian ini diharapkan mencapai output yaitu adanya Prototype CCTV terintegrasi yang dapat digunakan untuk memantau lingkungan tempat interaksi anak-anak kita,” jelasnya.

“Hasil dari penelitian dan prototype ini tentunya akan kami serahkan kepada Walikota Makassar untuk selanjutnya dapat diterapkan oleh SKPD Teknis,” tambahnya.(*)


BACA JUGA