Pariwisata Maros Kembali Torehkan Prestasi, Kali Ini Sabet Juara Lima Tingkat Nasional

Senin, 28 Agustus 2023 | 17:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Destinasi wisata Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros akhirnya menembus ketatnya persaingan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Rammang-rammang menyabet gelar juara ke-5 kategori daya tarik pengunjung ADWI 2023. Pencapaian yang relatif istimewa karena ada 4.573 desa wisata yang bersaing.

pt-vale-indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan piala dan piagam penghargaan pada Malam Anugerah Desa Wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu, 27 Agustus 2023, kepada Bupati Maros, Chaidir Syam.

“Alhamdulillah, ini sebuah prestasi yang luar biasa. Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Maros, khususnya di wisata Rammang-Rammang, Desa Salenrang,” ujar Chaidir Senin (28/08/2023).

Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Dispapora) Maros, Muh Ferdiansyah menambahkan, penilaian dimulai dari 500 besar, 300 besar, dan 75 besar.

“(Penghargaan) Ini menunjukkan bahwa destinasi wisata di Kabupaten Maros mempunyai daya tarik yang tinggi untuk dikunjungi wisatawan,” ucap Ferdi.

Kategori yang diperlombakan dalam ADWI 2023 selain daya tarik pengunjung adalah suvenir, homestay dan toilet, digital dan kreatif, serta kelembagaan desa wisata. Ada juga kategori desa wisata maju, desa wisata berkembang, desa wisata terbaik, serta desa wisata favorit melalui channel YouTube Kemenparekraf.(*)