Ratnawati, korban dugaan penipuan Giveaway mengatasnamakan Baim Wong memperlihatkan bukti transfer dan group WhatsApp Giveaway Baim Paula.

Warga Gowa Jadi Korban Dugaan Penipuan Giveaway Mengatasnamakan Baim Wong

Selasa, 29 Agustus 2023 | 13:46 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Ratnawati (31) tahun warga Kabupaten Gowa mengaku mengalami penipuan undian berhadiah atau Giveaway yang mengatasnamakan artis ternama Indonesia, Baim Wong.

Kasus dugaan penipuan yang dialami oleh Ratnawati itu telah di laporkan ke Polres Gowa. Ratnawati mengaku uangnya sebesar Rp7 juta lebih raib karena kasus ini.

pt-vale-indonesia

Ratnawati menjelaskan awal mula terkena tipu oleh undian berhadiah atau giveaway dari artis ternama bernama Baim Wong. Saat itu dia melihat link undian berhadiah dari salah satu akun Facebook temannya.

Ratna kemudian menghubungi temannya untuk menanyakan kebenaran dari undian berhadiah atau giveaway dari artis ternama bernama Baim wong itu.

“Saya chat mi itu teman, saya tanyakan apa memang benar hadiah yang ia dapatkan itu, lalu teman saya menjawab iya benar,” katanya, Selasa (29/8/2023).

Dia kemudian meminta kepada temanya untuk diberitahukan cara agar bisa mendapatkan hadiah giveaway dari Baim Wong. “Bilang ka’ bagaimana caranya? terus dia kirimkan ma linknya lewat messenger,” tuturnya.

Lanjut Ratnawati, link yang dikirim temanya itu kemudian di klik dan masuk ke akun WhatsApp.

“Setelah saya klik itu link yang dikirim teman, ternyata langsung masuk ke nomor WhatsApp. terus ada WhatsApp masuk dengan sejumlah pertanyaan lengkap dengan langkah-langkahnya,” ujarnya.

“Di WhatsApp ada tertulis bunyinya begini, ibu, kalau benar jawabannya, ada sebentar video call dari Baim Wong. Jadi tidak lama beberapa menit, ada memang telepon dan video call masuk dan ternyata dari Baim Wong sama anak dan istrinya,” sambung Ratna.

Setelah video call, Ratna di beritahu jika hadiah yang dia dapatkan sebesar Rp50 juta rupiah akan dia terima setelah menyelesaikan biaya pajaknya.

“Terus itu admin WhatsApp bilang, ibu ada biaya pajaknya, awalnya 1 juta,” sebut Ratnawati.

Karena ragu, Ratnawati kemudian menghubungi temannya untuk menanyakan kebenaran dari hadiah giveaway dari Baim Wong yang disuruh untuk mengirim sejumlah uang dengan alasan biaya pajak.

“Kan Admin WhatsApp itu minta Rp1 juta 50 ribu, sebagai biaya adminnya, jadi saya chat itu teman lewat messenger. Saya tanyakan apa memang begitu prosedurnya? teman saya bilang memang ada pajaknya,” katanya.

Usai memastikan kebenaran hadiah giveaway dari Baim wong itu, Ratnawati kemudian mentransfer uang yang diminta admin WhatsApp yang mengaku tim dari Baim Wong itu.

“Setelah selesai saya kirim, admin WhatsApp itu kembali meminta lagi katanya kode kedua, dia minta 2,5 juta. Saya cek lagi ke teman bilang memang begitu?,” ujar Ratna.

“Teman saya bilang memang secara bertahap sebanyak tiga kali itu, jadi saya kirimi yang jelas amanah, karena dia bilang kembali ji lagi uangku,” sambungnya.

Tidak sampai disitu, masuk WhatsApp dan kembali meminta uang senilai Rp3,9 juta.

“setelah itu muncul lagi, karena saya kirimkan bukti transferannya, jadi minta lagi Rp3,9 juta. Saya chat teman, dia bilang memang begitu. Jadi saya kirim lagi,” jelasnya.

Ratna mengatakan, Setelah dia mengirimkan uang sebesar Rp3,9 juta untuk ketiga kalinya, Admin WhatsApp itu kembali meminta dikirimkan uang sebesar Rp5,8 juta untuk pajak.

Karena sudah mulai curiga, dia kemudian bergegas ke rumah temannya yang diawal mengiriminya link lewat messenger.

“Setelah itu, saya kerumahnya teman bernama Ariana Sompa. Sampai disana tidak ada itu Ariana Sompa, adeknya ji yang ada. Dia bilang Ariana Sompa ada di Mappala,” tuturnya.

“Kemudian saya minta nomor teleponnya Ariana Sompa, saya bilang ada perlu ku. Kemudian adeknya bilang, facebooknya tidak bisa dibuka, karena ada itu aplikasinya baim Wong. sepertinya di hacker,” bebernya.

“Saat ku telpon itu Ariana Sompa, dia mengaku jika, ada yang hacker Facebooknya, lalu dia bilang ke saya, jangan ki percaya (kalau ada chat masuk),” ujar Ratna.

Akibat terperdaya dengan hadiah undian giveaway sebesar Rp50 juta dari akun yang mengatasnamakan Artis Baim Wong, Ratnawati mengirim sejumlah uang ke nomor rekening dengan total uang yang dikirim sebanyak Rp7.450.000,- juta.

“Saya kirim ke nomor rekening atas nama Imam Fahrizi sebanyak Rp7.450.000,- juta secara bertahap. Dan bukti transfer ada saya simpan,” ungkapnya.

“Ada sebagian uang tabungan saya, dan sebagian lagi uang yang saya pinjam di kerabat saya,” katanya.

Akibat penipuan yang dialaminya, Ratnawati kemudian mendatangi Mapolres Gowa untuk melapor.

Ratnawati sendiri menegaskan jika yang dia temani video call adalah Baim Wong langsung bersama anak dan istrinya.

“Saat video call saya bicara langsung sama baim wong, istri dan anaknya,” tuturnya.

Sementara itu Kasatreskrim Polres Gowa, AKP Bachtiar mengatakan jika laporan korban dugaan penipuan giveaway yang dialami Ratnawati telah di terima Satreskrim Polres Gowa. (*)


BACA JUGA