DPRD Poso Belajar Optimalkan PAD di Bapenda Makassar

Kamis, 21 September 2023 | 21:32 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Rombongan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah melakukan kunjungan kerja ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Selasa (19/09/2023).

Rombongan kunjungan wakil rakyat tersebut diterima langsung oleh Kepala Bidang Pendaftaran dan Pendataan, Artati di Ruang Kepala Bidang Pendaftaran dan Pendataan Bapenda Kota Makassar.

Tampak dalam rombongan DPRD Kabupaten Poso Wakil Ketua I, Semuel Munda, Wakil Ketua II, Romy S. Alimin, beserta beberapa anggota Panitia Khusus IV DPRD lain yang berjumlah 20 orang.

Kepala Bidang Pendaftaran dan Pendataan, Artati mengatakan kunjungan ini berkaitan dengan studi banding yang dilakukan di Kota Makassar dengan pengoptimalan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar.

Artati mengatakan bahwa PAD tidak hanya dilakukan dengan penjaringan dan pendataan, tapi juga berbagi cara untuk memudahkan wajib pajak dalam melakukan pembayaran, sehingga terciptalah sebuah sistem aplikasi yang dinamakan PAKINTA.

Namun masih ada beberapa wajib pajak yang tidak begitu paham dengan sistem aplikasi maka dilakukanlah penyebaran konter-konter pelayanan pajak di seluruh kelurahan di Kota Makassar.

“Inovasi ini diharapkan dapat menjadi tambahan wawasan bagi DPRD Kabupaten Poso Sulawesi Tengah dalam melakukan pendaftaran dan pendataan di daerahnya,” kata Artati.

Rombongan DPRD Kabupaten Poso Wakil Ketua I, Semuel Munda berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Bapenda Kota Makassar beserta jajaran yang sudah berkenan menerima kunjungan kerja yang dilaksanakan.(*)


BACA JUGA