Kurangi Emisi Karbon, Dinas PU Makassar Dorong Pengembangan Sudirman Loop

Jumat, 22 September 2023 | 22:02 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Zulhaelsi Zubir menghadiri acara yang digelar oleh United Kingdom (UK) Partnering for Accelerated Climate Transitions (PACT) Indonesia. Bertempat di Swiss Belhotel, Kamis (21/09/2023).

UK PACT Indonesia memperkenalkan konsep Future Cities dengan tema Makassar Conceptual Design Dissemination. Itu merupakan konsep kota masa depan hijau dan rendah karbon yang untuk Kota Makassar dengan konsep desain pengembangan Sudirman Loop.

pt-vale-indonesia

Konsep Sudirman Loop sendiri, merupakan konsep untuk meningkatkan mobilitas perkotaan berkelanjutan untuk kota metropolitan pesisir demi pembangunan rendah karbon yang lebih aman, iklusif dan berketahanan.

Konsep Sudirman Loop sendiri menggabungkan empat langkah utama, yaitu meningkatkan rute transit dan pelayanan multimoda, mempromosikan mobilitas aktif dan rendah karbon, memanfaatkan kawasan tepi laut dengan meningkatkan konektivitas dan mengintegrasikan jaringan biru dan hijau dan mempromosikan jangkar komunitas.

Untuk Sudirman Loop yang menjadi sumbu utama itu ada di Fort Rotterdam, yang mana sumbu Fort Rotterdam menyarankan transformasi menjadi ruang yang berorientasi pada mobilitas aktif melalui pendekatan taktis.

Desain Sudirman Loop untuk sumbu Fort Rotterdam berpotensi mengurangi emisi 165 tCO2e/th, 500 meter jalur teduh, 3.400 M2 area kegiatan ekonomi dan 1.9 ha desain lengkap berbasis WSUD untuk ketahanan sistem drainase.

Acara dimulai dengan sambutan Senior Program Lead for Urban Transportasi Planning WRI Indonesia, Retno Wihanesta. Ia menyampaikan bahwa program ini diadakan untuk kota pesisir, yang mana problem kota pesisir itu kenaikan air laut.

“Yang menjadi prioritas adalah program Sudirman Loop yang pada hari ini akan kita diskusikan,” ungkap Retno.

Ia menambahkan, “Dimana desain ini untuk perencanaan kota masa depan rendah karbon.”

Sementara itu, mewakili Wali Kota Makassar, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Rusmayani Masjid, M.Sp menyampaikan menyambut baik rencana kota masa depan.

Menurutnya, usai dari menghadiri acara ini, akan melakukan koordinasi dengan Wali Kota Makassar untuk pelaksanaan konsep Sudirman Loop ini.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan diskusi ringan yang dipandu oleh Luna Vidya yang merupakan City Coordinator-UK-PACT Indonesia di Makassar.

Pada diskusi ini, Kepala Dinas PU Makassar, Zulhaelsi Zubir memberikan masukan terkait konsep Sudirman Loop ini yang nantinya menjadi salah satu yang terlibat dalam pembangunan Sudirman Loop ini sendiri.

Zuhaelsi Zubir sendiri menyampaikan akan terus berkoordinasi dan menunggu arahan langsung dari Wali Kota Makassar.

Menurutnya, pada desain pembangunan kota Makassar, Wali Kota Makassar menitipkan beratkan untuk area pedestarian jalan.

Turut hadir dalam acara ini, perwakilan dari beberapa OPD, seperti DLH Makassar, Bappeda Makassar, Dishub Makassar, Dishub Sulawesi Selatan dan juga perwakilan dari Polres Pelabuhan.(*)


BACA JUGA