Pelatihan Prakerja Bukalapak dan YEC.CO.ID Bantu Masyarakat Sulsel Berkarir

Selasa, 26 September 2023 | 16:09 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Bukalapak sebagai mitra digital platform Prakerja terus membantu para masyakarat untuk bisa berkarir. Banyak pelatihan yang dihadirkan yang disesuaikan minat.

Sejak 2022, Bukalapak bekerjasama dengan PT Yureka Edukasi Cipta atau YEC.CO.ID yang merupakan salah satu lembaga pelatihan menghadirkan lebih banyak pilihan pelatihan bagi masyakarat.

pt-vale-indonesia

“Kami ingin terus meningkatkan peran kami dalam memfasilitasi peningkatan kompetensi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Head of Mitra Financial Services Bukalapak, Nungky Aprilia, Selasa (26/09/2023).

Apalagi, Nungky menyebut program pelatihan Prakerja Bukalapak banyak diakses oleh warga Sulawesi Selatan (Sulsel). Untuk itu, ia mendorong agar program pelatihan bersama YEC.CO.ID ini lebih banyak dijangkau lagi.

“Untuk Sulsel itu top 15 besar dengan area transaksi terbesar yang teratas itu daerah Jabodetabek,” ucapnya.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, pada bulan Februari 2022, penduduk di Sulsel pun tercatat yang sudah bekerja sebanyak 4.328.117 orang atau mengalami kenaikan sebanyak 151.317 orang dari tahun sebelumnya. Kenaikan ini tentunya perlu diiringi dengan peningkatan kompetensi para angkatan kerja ini.

YEC.CO.ID sendiri memiliki beragam kelas pelatihan yang diikuti oleh para angkatan kerja dari berbagai usia, latar belakang, dan kebutuhan dari berbagai kota di Indonesia, termasuk Makassar, Sulawesi Selatan.

Manajer Penjualan Retail YEC.CO.ID, Eurika Tarau menyampaikan bahwa pihaknya memiliki slogan “preparing for better you”. Di mana ingin secara konsisten membantu masyarakat Indonesia menjadi versi yang lebih baik dari diri mereka sebelumnya.

“Lewat pemberdayaan teknologi, kami menghadirkan akses pendidikan yang praktis, lengkap, dan menggunakan metode belajar yang berfokus pada interaksi untuk memaksimalkan proses pembelajaran,” katanya.

Karena itu, ia mengatakan kemitraan YEC.CO.ID dengan Bukalapak sebagai mitra digital platform Prakerja memiliki peran penting.

“Karena kami bisa menjangkau lebih banyak masyarakat yang ingin meningkatkan kemampuannya,” lanjutnya.

Hal ini dirasakan oleh Andi Dian Ramadani, salah satu alumni Prakerja asal Makassar yang mendapatkan manfaat dari pelatihan di yec.co.id.

Dengan kemauan untuk terus belajar dan mengasah keahlian untuk mendapat pekerjaan, Dian memutuskan untuk mengikuti Kelas Bahasa Inggris untuk Karyawan.

“Saya mengikuti kelas ini karena saya tertarik berkarir di area pelayanan publik yang membutuhkan keterampilan berbahasa Inggris. Setelah mengikuti pelatihan di yec.co.id, saya bisa meningkatkan kepercayaan diri saya dalam berbahasa Inggris karena kelas yang interaktif dan pengajar berkualitas yang membuat saya berani menyampaikan pendapat saya dalam bahasa Inggris,” ujar Dian.

Dengan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris ini, Dian juga berhasil memperbesar kesempatan untuk membangun karir barunya.

“Mengikuti kelas dan mendapatkan sertifikat dari Prakerja memberikan nilai plus pada saya ketika interview di salah satu BUMN. Saya bisa lebih lancar menjelaskan berbagai hal dalam bahasa Inggris hingga saya bisa lolos tahap interview dan saat ini sedang menunggu penempatan,” jelasnya.

Program Kartu Prakerja hadir sejak 2020 dengan memanfaatkan keunggulan teknologi untuk mempercepat peningkatan keahlian angkatan kerja di seluruh penjuru Indonesia. Selama perjalanannya Prakerja terbukti berdampak meningkatkan kebekerjaan sebesar 12% dan mengubah kebiasaan belajar dengan teknologi sebesar 90%.

Hingga saat ini Bukalapak telah bermitra dengan total lebih dari 90 Lembaga Pelatihan dan memberi lebih dari 600 pelatihan dalam berbagai topik kepada lebih dari 6 juta peserta Prakerja.

Untuk informasi lengkap seputar program Prakerja di Bukalapak, silakan mengunjungi https://www.bukalapak.com/kartu-prakerja. (*)

Tags:

BACA JUGA