Berkat Komunitas Juwara Mitra Bukalapak, Omzet Warung di Palembang dan Makassar Meroket

Rabu, 27 September 2023 | 14:14 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Mitra Bukalapak menggelar Spesial Kumpul Juwara (SKJ) di dua lokasi yakni Palembang pada (24/09/2023) dan Makassar (27/09/2023).

Acara ini merupakan hasil kolaborasi dengan PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk. Acara yang mengusung tema “Strategi Pikat Pelanggan Lewat Cross-Selling, Up-Selling, dan Down-Selling” ini merupakan puncak dari rangkaian SKJ bersama Ultrajaya, yang sebelumnya telah sukses diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia seperti Solo, Yogyakarta, dan Bandung.

pt-vale-indonesia

SKJ Palembang dan Makassar dihadiri ratusan pemilik warung, kios pulsa, dan agen individual yang tergabung dalam komunitas warung terbesar yang merupakan bentukan Mitra Bukalapak, Komunitas Juwara.

Dalam acara ini, pemilik warung bercerita bagaimana omzetnya naik karena gabung dalam komunitas Juwara. Salah satunya yang disampaikan Hasrun, pemilik warung di Kabupaten Gowa.

“Naik tiga kali lipat dari sebelumnya. Tidak ada mitra Bukalapak itu bisa dapat Rp1 juta sekarang bisa Rp3 juta sampai Rp4 juta,” ujar Hasrun.

Ia mengatakan aplikasi Mitra Bukalapak yang membantu Hasrun dalam menyediakan akses ke berbagai produk yang sangat dibutuhkan pelanggan. Terutama, produk virtual dan layanan finansial.

Melalui partisipasi aktif di Komunitas Juwara, Hasrun juga banyak belajar bagaimana memasarkan bisnisnya dengan cara yang berbeda dari warung konvensional. Selain lewat pemasangan spanduk, Hasrun juga memaksimalkan perangkat teknologi, khususnya fitur chatting dan media sosial, dalam membangun komunikasi pelanggan dan memasarkan produk-produk baru.

Bonusnya, warga-warga sekitar tempat tinggal Hasrun pun semakin terasah literasi digitalnya lewat transaksi yang kini biasa dilakukannya menggunakan ponsel dan platform teknologi.

“Pentingnya keramahtamahan dalam berjualan, saya pelajari dari sesama juragan warung dan konten edukasi di Komunitas Juwara. Kemudian, saya beranjak untuk membangun kedekatan dengan setiap pelanggan yang datang,” tukasnya.

Wati, pemilik warung asal Palembang, adalah satu dari jutaan Mitra yang merasakan manfaat dari inisiatif ini. Ia mampu mengubah penataan warungnya menjadi lebih modern seperti minimarket, berkat variasi produk yang difasilitasi oleh Mitra Bukalapak dan edukasi dari Komunitas Juwara.

Acara SKJ ini menyoroti pentingnya strategi penjualan yang lebih bervariasi, termasuk membuat paket belanja, mengkombinasikan penjualan produk grosir dengan produk virtual, serta menawarkan produk dengan harga lebih murah.

Selain menghadirkan wawasan mengenai bisnis, melalui kemitraan dengan brand terkemuka di industri FMCG, SKJ juga meningkatkan pengetahuan produk dan menambah nilai jual warung. Berbagai edukasi yang didapatkan di SKJ ini memotivasi para pemilik warung untuk dapat bertransformasi layaknya peritel modern, sekaligus meningkatkan pola pikir bertumbuh untuk terus membesarkan bisnis dan menjadi agen perubahan di lingkungan sekitarnya.

VP Mitra Operations & Commerce Mitra Bukalapak, Becquini Akbar menyampaikan perubahan yang dilakukan pihaknya bukan semata-mata peningkatan pendapatan saja, melainkan mentransformasi para pemilik warung agar dapat memberikan dampak lebih luas bagi masyarakat di sekitarnya.

“Mulai dari transformasi fisik warung menjadi ritel modern, hingga membangun pola pikir mereka, para pengusaha mikro, agar tidak takut bermimpi dalam membesarkan bisnis,” ujarnya.

“Kesuksesan mereka ini kami harapkan bisa menginspirasi pemilik warung lainnya, sehingga lewat Mitra Bukalapak, kami bangun Mitra menjadi agen perubahan yang berkelanjutan bagi para pengusaha mikro di sekitarnya,” tukasnya. (*)

Tags:

BACA JUGA