Sulsel Sabet Tiga Penghargaan Adujaknas 2023, Ini Harapan Kepala BKKBN

Kamis, 02 November 2023 | 23:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

SEMARANG, GOSULSEL.COM – Perhelatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja Genre Tingkat Nasional (Adujaknas) tahun 2023 memasuki puncaknya yang digelar di Taman Indonesia Kaya, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (31/10/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Plh. Kepala BKKBN/Sekretaris Utama, Tavip Agus Rayanto dan dihadiri Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu serta pejabat lainnya.

pt-vale-indonesia

Pada malam tersebut, Kontingen Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali mengukir prestasi dengan memenangkan beberapa kategori, yaitu Juara III Cultural Immersion yang merupakan penampilan budaya dari masing-masing provinsi dan meraih Terbaik Genre Exhibition yaitu pameran program Genre yang diikuti seluruh provinsi.

Klimaksnya, Amita Nurul Janna, delegasi Duta Genre Putri Sulawesi Selatan, meraih Juara 2 Duta Genre Putri Indonesia Tahun 2023, selain juga delegasi Putra yaitu Arsal Andika berhasil menembus 13 besar.

Ini merupakan sejarah dan prestasi terbesar Sulawesi Selatan pada momentum Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Nasional. Dalam Adujaknas 2023 kali ini, Kontingen Sulsel total berhasil memboyong tujuh penghargaan dari berbagai kategori.

Amita Nurul Janna, merupakan Duta Genre Putri Sulawesi Selatan Tahun 2022. Dia mengabdikan diri dalam kampanye Generasi Berencana di Sulawesi Selatan selama satu tahun. Hal ini pula yang melatarbelakangi ia terpilih menjadi delegasi Duta Genre Putri Sulsel di Tingkat Nasional tahun 2023.

Usahanya sekarang menyabet Juara 2 Duta Genre Putri Indonesia 2023 tidak lepas dari sederet prestasi yang diraihnya. Mulai dari juara 2 Kompetisi Esai Sulawesi Selatan dan Juara 1 Pidato Konstitusi Sulawesi Selatan di tahun 2019, Duta Genre Kabupaten Barru 2020, lolos Pendanaan Aksi Sosial British Council 2021, Juara 3 Jambore Ajang Kreativitas Sulawesi Selatan Tahun 2021, Pertukaran Pelajar Kampus Merdeka 2021, Lolos Pendanaan PKM UNHAS 2021 dan Duta Genre Putri Sulawesi Selatan 2022.

“Saya sangat berterima kasih atas dukungan teman-teman dan yang lebih utama Perwakilan BKKBN Sulawesi Selatan yang selalu memberikan support agar lebih baik. Ini menjadi hasil bersama atas semua dukungan yang saya dapatkan,” ujarnya.

“Saya berharap Duta Genre Sulawesi Selatan selanjutnya dapat menjadikan momentum ini sebagai motivasi bahwa kita bisa meraih juara nasional,” tambah Amita.

Ditemui terpisah, Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel, Shodiqin berharap para Duta Genre Sulawesi Selatan menjadi garda terdepan dalam program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan Percepatan Penurunan Stunting di bagian hulu.

“Duta Genre yang terpilih diharapkan mampu mengemban amanah sesuai ikrar yang telah diucapkan dan menjadi garda terdepan dalam Program Bangga Kencana, Generasi Berencana dan Pencegahan Stunting dari hulu dengan menjadi role model dan membawa influence bagi teman sebayanya,” ujar Shodiqin.

Kegiatan Adujaknas yang digelar tiap tahun memberikan ruang dan kesempatan bagi seluruh remaja Indonesia untuk menampilkan karya yang sangat kreatif dan inovatif.(*)


BACA JUGA