Kepala Balitbangda Makassar, Andi Bukti Djufrie

Balitbangda Makassar Kaji Jumlah Serapan Tenaga Kerja di Perusahaan

Kamis, 07 Desember 2023 | 20:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Makassar menggelar Rancangan Akhir Kajian Ketenagakerjaan di Ruang Rapat Sekda, Balai Kota Makassar, Kamis (07/12/2023).

Kepala Balitbangda Makassar, Andi Bukti Djufrie mengatakan, Rancangan Akhir Kajian Ketenagakerjaan dengan tema Kajian Jumlah Serapan tenaga Kerja pada Perusahaan-Perusahaan yang ada di Kota Makassar menjadi komitmen pemerintah menangani permasalahan Ketenagakerjaan.

pt-vale-indonesia

Terlebih, kata Andi Bukti Djufrie, kajian ini merupakan sebagai bagian dari upaya mendukung pelaksanaan program prioritas Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar. Khususnya dari sisi riset dan kajian agar program berjalan terarah dan tepat sasaran.

“Nah saya kira dengan pelaksanaan kajian yang berkualitas, kita dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat kita, mencari solusi yang inovatif, dan merencanakan langkah-langkah untuk memajukan kualitas hidup warga kota Makassar,” ujar Andi Bukti Djufrie.

”Kajian Jumlah Seranan Tenaga Kerja pada Perusahaan-Perusahaan yang ada di Kota Makassar mencerminkan komitmen kita dalam menyelesaikan kompleksitas masalah ketenagakerjaan kota Makassar sebagai ibu kota Provinsi,” tambahnya.

Kajian ini didasari suatu asumsi, bahwa kata dia, tenaga kerja merupakan salah satu sumber daya yang sangat penting dalam mendorong pertumbuhan dan kemajuan ekonomi suatu daerah.

Namun, sambung mantan Kepala DPMPTSP Makassar itu, dari sudut pandang yang lain meningkatnya tenaga kerja justru sering kali menjadi persoalan ekonomi yang sulit untuk diselesaikan oleh pemerintah.

“Sebagai akibat lemahnya kemampuan pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan serta terus meningkatnya jumlah penduduk maka akan banyak tenaga kerja yang tidak terserap, konsekuensinya terciptalah pengangguran,” paparnya.

Ia menambahkan, kajian seperti ini adalah tempat yang ideal untuk berbagi ide, pengalaman, dan best practice. Saya berharap bahwa hasil diskusi hari ini akan menghasilkan gagasan dan rekomendasi yang konstruktif untuk Kota Makassar.

“Kami berharap acara ini akan memberikan wawasan yang berharga, memotivasi tindakan lanjutan, dan membangun jaringan kolaborasi yang kuat di antara kita semua,” jelasnya.(*)


BACA JUGA