Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat memimpin Coffe Morning membahas cuaca ekstrem yang diprediksi melanda Kabupaten Gowa

Adnan Instruksikan Pimpinan SKPD, Camat Hingga Kades Antisipasi Cuaca Ekstrem

Selasa, 16 Januari 2024 | 20:01 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memberikan instruksi kepada para pimpinan SKPD terkait, camat, lurah, dan kepala desa untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang diprediksi juga melanda Kabupaten Gowa.

“Biasanya intensitas hujan seperti ini, kita mengantisipasi banjir dan longsor. Utamanya longsor. Karena banyak terjadi kebakaran hutan pada saat kemarau, dan bekas kebakaran tersebut
berpotensi mengalami longsor. Untuk Bapak/Ibu Camat yang berada di 9 dataran tinggi untuk memperhatikan lokasi-lokasi yang berpotensi banjir dan longsor,” katanya saat coffee morning, Senin (15/01/2024).

pt-vale-indonesia

Adnan juga menyampaikan kepada para camat, lurah, dan kepala desa agar memberitahu warganya yang berada di wilayah berpotensi longsor untuk mengungsi sementara ke wilayah yang aman.

“Masyarakat yang berada di lokasi yang berpotensi longsor kita harapkan dapat mengungsi dulu ke daerah yang aman. Nanti kembali setelah ada pemberitahuan lebih lanjut dari BMKG,” tambah Bupati Gowa dua periode ini.

Adnan juga meminta Kepala BPBD Kabupaten Gowa untuk aktif memberikan informasi prakiraan cuaca dari berbagai sumber, serta meminta para camat untuk membuat posko siaga bencana mulai hari ini.

“Sebagai langkah awal, perkuat kolaborasi dengan stakeholders yang ada, baik itu PMI, Basarnas, Pramuka, dan lain-lain. Semoga Kabupaten Gowa bisa terhindar dari hal-hal yang kita sama-sama tidak inginkan,” harapnya.(*)


BACA JUGA