Sukses Gelar KKS x Digifest 2024, Bank Indonesia Sulsel Catatkan Transaksi UMKM Rp373 Juta

Senin, 01 Juli 2024 | 12:01 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan (Sulsel) sukses menggelar Karya Kreatif Sulawesi Selatan (KKS) X Digifest South Sulawesi Digital Festival yang berlangsung di Trans Studio Mall (TSM) Makassar mulai 26 sampai 30 Juni.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sulsel, Rizki Ernadi Wimanda, menyampaikan apresiasi tinggi dalam penutupan KKS x DIGIFEST 2024 yang diselenggarakan di Atrium Trans Studio Mall. Acara ini bertujuan untuk mempercepat dan mengembangkan UMKM serta perluasan digitalisasi pembayaran.

pt-vale-indonesia

Rizki Ernadi Wimanda menyatakan kebanggaannya atas pencapaian event yang mendukung kegiatan nasional seperti Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI) dan Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang akan dilaksanakan di Jakarta. KKS x DIGIFEST 2024, yang diadakan oleh Bank Indonesia Sulawesi Selatan, bertujuan mempromosikan produk-produk unggulan UMKM, terutama dari Sulawesi Selatan, melalui pemanfaatan teknologi, khususnya implementasi sistem pembayaran digital oleh UMKM.

“Kami berharap ini dapat mendorong peningkatan akses pasar UMKM baik domestik maupun internasional,” kata Rizki saat penutupan KKS x Digifest 2024, Minggu (30/06/2024).

Dengan tema “Collaborating Creative Economy and Digital Payment to make South Sulawesi as Advanced Region” atau “COTO MAKASSAR”, acara ini menampilkan berbagai kegiatan, termasuk showcase produk UMKM, Executive Fashion Show bertema wastra lokal Sulawesi Selatan, talkshow tentang pengembangan UMKM, promosi Kopi menggunakan QRIS seharga Rp2.500, serta berbagai lomba kreatif dan hiburan.

KKS x DIGIFEST 2024 mencatatkan total transaksi UMKM sebesar Rp373.358.500 dan donasi senilai Rp201.241.525 dengan volume transaksi mencapai 75.103 transaksi. Donasi tersebut akan disalurkan melalui BAZNAS Provinsi Sulawesi Selatan untuk bantuan masyarakat yang terdampak bencana alam di provinsi tersebut.

Rizki Ernadi Wimanda juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam kesuksesan acara ini, termasuk panitia, stakeholders, perbankan anggota BMPD, narasumber talkshow, peserta lomba, pelaku usaha UMKM, asosiasi pelaku usaha kopi, dan semua pihak yang terlibat. “Dengan rasa syukur dan kebanggaan yang mendalam, izinkan saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif mensukseskan kegiatan ini,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Rizki Ernadi Wimanda berharap seluruh komponen dapat terus berkomitmen dan bersinergi untuk mewujudkan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, dan memberi kesejahteraan kepada seluruh masyarakat di Sulawesi Selatan dan Indonesia.

“Mari kita sambut dengan antusiasme dan semangat penuh, perjalanan kita menuju FEKDI dan KKI 2024 yang akan menjadi panggung utama bagi perayaan prestasi dan inspirasi dalam mewujudkan visi ekonomi digital dan pengembangan UMKM yang lebih luas,” tutupnya.

Dengan mengucapkan Alhamdulillah, Rizki Ernadi Wimanda resmi menutup KKS x DIGIFEST 2024. “Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan berkah-Nya atas semua langkah yang kita ambil dan memberikan kesuksesan yang berkelanjutan bagi upaya kita dalam memajukan ekonomi daerah,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA