OJK Sulselbar Optimis Kredit Perbankan Capai Target 10 Persen, Meski Juni Masih Lesu

Jumat, 16 Agustus 2024 | 13:01 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) mengungkapkan penyaluran kredit perbankan saat ini masih di angka 2,28 persen pada bulan Juni 2024.

Kendati begitu, OJK Sulselbar tetap optimis target penyaluran kredit perbankan bisa mencapai 10,38 persen hingga Desember 2024 mendatang.

pt-vale-indonesia

Kepala OJK Sulselbar, Darwisman tidak menampik penyaluran kredit perbankan saat ini memang lesu. Itu juga diprediksi oleh sejumlah pakar ekonomi.

“Kalau kita melihat bahwa beberapa memang sudah memprediksi hal ini. Kalau kita lihat 2023, hasil analisis para ekonomi bahwa kondisi 2024 itu penuh challenging,” ujarnya saat Journalist Update, Kamis (15/08/2024).

Darwisman menyampaikan OJK Sulselbar saat ini masih intens melakukan pengawasan terhadap perbankan terkhusus dalam penyaluran kreditnya.

“Tapi ini baru pertengahan tahun kita masih optimis kita pantau secara insentif,” tambah Darwisman.

Dia meyakini penyaluran kredit bakal lebih lancar pada bulan Oktober dan September. Perbankan disebut akan getol untuk mengejar target bisnis mereka.

“Panasnya belakangan, apalagi sudah masuk Oktober, September larinya agak kencang karena mengejar target bisnisnya, inilah yang kita tunggu,” tutup Darwisman.

Begitu juga dengan Dana Pihak Ketiga (DPK), OJK Sulselbar melaporkan saat ini yang baru mencapai 3,01 persen pada bulan Juni. Sementara target sampai bulan Desember 2024 adalah 18,52 persen. (*)


BACA JUGA