Tekankan Pentingnya Demokrasi, SMA Bosowa School Makassar Gelar P5 Celebration Day

Senin, 02 September 2024 | 14:48 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – SMA Bosowa School Makassar sukses menyelenggarakan P5 Celebration Day, ini merupakan puncak selebrasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tidak hanya memberi pengalaman langsung dalam berdemokrasi, simulasi ini juga menekankan pentingnya partisipasi aktif dalam proses pemilihan.

Kegiatan ini menjadi kolaborasi dari tiga tema yang berbeda dimana melibatkan seluruh siswa mulai dari kelas 10, 11, dan juga 12. Tema Suara Demokrasi dari kelas 12 menjadi sorotan utama dengan simulasi hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan pelantikan Gubernur serta Wakil Gubernur.

pt-vale-indonesia

Para siswa diberikan kesempatan untuk merasakan proses demokrasi secara nyata, mulai dari kampanye, pemungutan suara, hingga perhitungan suara dan pelantikan.

Sementara itu, siswa kelas 11 mengangkat tema kearifan lokal. Para siswa memamerkan bagaimana kekayaan budaya Indonesia dengan menampilkan berbagai tarian daerah, presentasi makanan tradisional, storytelling cerita rakyat, serta permainan khas daerah.

Kegiatan ini tidak hanya menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal tetapi juga mengajarkan pentingnya melestarikan warisan budaya kepada generasi muda.

Sedangkan, kelas 10 melaksanakan tema kewirausahaan turut memeriahkan acara dengan menyelenggarakan Bazaar Ceria yang menjual berbagai makanan dan minuman hasil dari projek kewirausahaan mereka.

Bazaar ini merupakan implementasi dari pembelajaran kewirausahaan yang telah mereka pelajari, memberikan pengalaman langsung dalam berbisnis, mulai dari produksi hingga pemasaran.

Wakil Kurikulum, Sarah Nurul Latifah, mengungkapkan bahwa P5 Celebration Day merupakan wujud nyata dari penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan tetapi juga membentuk karakter siswa yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasilaā€¯ tutupnya. (*)


BACA JUGA