Di Hadapan Maba 2024, KPS Profesi Dokter FK Unibos Tekankan Etika saat Berkuliah

Selasa, 17 September 2024 | 19:14 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dekan beserta jajaran Wakil Dekan (WD) dan KPS di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Bosowa (Unibos), kenalkan sistem akademik dan kemahasiswaan di FK Unibos pada mahasiswa baru yang diikuti sekitar 150 mahasiswa, berlangsung di Aula lantai 3 FK Unibos, Selasa (17/09/2024).

Pada PKKMB Tingkat Fakultas ini, masing-masing pimpinan stuktural di FK Unibos mengenalkan sistem akademik dan kemahasiswaan bagi mahasiswa dengan menekankan kepada mahasiswa baru untuk menjaga solidaritas dengan bekerja sama dengan baik serta menjaga sikap dalam berperilaku untuk mencerminkan citra baik seorang calon dokter.

pt-vale-indonesia

Sebagaimana yang disebutkan oleh dr. Ian Astarina Mas’ud, M.Biomed. saat membawakan topiknya mengungkapkan bahwa sebagai seorang calon dokter memiliki etika yang baik serta mampu menghargai setiap orang yang dijumpai merupakan hal yang penting bagi mahasiswa, sebab tidak menutup kemungkinan bahwa di masa depan bisa saja kita membutuhkan bantuan orang lain.

“Di FK Unibos, kita sangat menjunjung etika yang baik dan sopan kepada setiap orang yang dijumpai. Jangan berpikir karena kita mahasiswa kedokteran dan biaya pendidikannya lebih banyak bisa menjadi sombong, karena tidak menutup kemungkinan kita masih membutuhkan bantuan orang lain,” ungkapnya.

Di sisi lain, dr. Anisyah Hariadi, M.Kes., selaku KPS Pendidikan Dokter FK Unibos, turut menyampaikan pesannya agar seluruh mahasiswa dapat menjalani perkuliahan dengan serius dan saling menyemangati untuk menyelesaikan pendidikan dengan baik mengingat dinamika perkuliahan di FK Unibos yang cukup tinggi.

“Menanggapi fenomena yang sering terjadi, kami berharap adik-adik sekalian bisa menjalani perkuliahan dengan fokus dan serius, jangan mudah terdistraksi dengan hal-hal lain yang bisa mengganggu fokus untuk menyelesaikan perkuliahan,” jelasnya.

Terakhir, Wakil Dekan I FK Unibos, dr. Chelvi Wijaya, Sp.PK. turut menyampaikan ucapan semangat pada mahasiswa baru serta menyampaikan bahwa dalam proses perkuliahan ini mahasiswa akan didampingi oleh dosen penasihat serta civitas akademika lainnya.

“Perjalanan kalian akan panjang, jadi tetap semangat hingga bisa meraih gelar dokter yang telah menjadi impian kalian. Dan selama proses belajar ini, adik-adik akan didampingi oleh dosen, penasihat, senior, dan teman-teman di sebelah kanan kiri kalian, jadi jangan merasa sendiri dan takut bercerita kalau dirasa mulai berat atau ada hal yang tidak dipahami,” tutupnya.(*)


BACA JUGA