Monev di Madrasah Arifah, Kakankemenag Gowa Sebut Madrasah Arifah Berkembang Pesat

Jumat, 27 September 2024 | 19:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Gowa, Jamaris melakukan kunjungan di Madrasah Arifah Gowa, Jalan Poros Bokolu, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, belum lama ini.

Kunjungan dilakukan oleh orang nomor satu di Kementerian Agama Gowa itu dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi Dana BOS.

pt-vale-indonesia

Pada kunjungan tersebut, Kakankemenag Gowa diterima dan disambut oleh Direktur Madrasah Arifah Gowa, H. Nurdin, Wakil Direktur 1, Mas’ud Kasim, Wakil Direktur 2, H. Muzakkar, Kamad MTs, Hj. St. Satiah, Kamad MA, RA, dan dewan guru Madrasah Arifah Gowa.

Dalam kesempatan itu juga, H. Jamaris mengatakan bahwa Madrasah Arifah merupakan madrasah yang berkembang pesat di tengah ketatnya regulasi pendidikan saat ini.

“Madrasah harus terus berbenah, tanpa meninggalkan identitas sebagai sekolah agama. Terkini, madrasah menjadi pilihan mayoritas orangtua untuk pendidikan anaknya,” tuturnya.

Menyinggung pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), ia mengaku salut dengan Madrasah yang hanya bergantung pada Dana BOS tetapi bisa tetap membuat inovasi dan menjalankan program.

“Dan bahkan menghasilkan siswa-siswi yang berprestasi,” tambahnya.

“Pengelolaan Dana BOS mulai dari perencanaan di E-RKAM hingga pelaksanaan dan pelaporan harus sesuai Juknis. Kemenag bertindak untuk memonitoring dan evaluasi, bukan untuk menjustifikasi,” tukas Kakankemenag di pertemuan yang juga dihadiri direktur dan wakil direktur Arifah serta para Pengawas Madrasah Kemenag Gowa.

Kakankemenag juga membahas tentang Moderasi Beragama. Moderasi itu penting karena Terkait keutuhan NKRI.

“Jangan sampai kita menggunakan label Agama dan ajaran agama untuk menyakiti agama lain. Jika demikian maka itu dipastikan bukan orang beragama. Karena semakin bagus agama kita maka semakin baik cara kita memperlakukan orang lain,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA