Tak Ingin Kecolongan, Pengamanan UN SMP Lebih Ketat Dibanding SMA

Minggu, 24 April 2016 | 15:24 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Tak ingin kecelongon seperti pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/sederajat yang lalu, dimana terjadi kebocoran soal. Dinas pendidikan Sulsel bersama Polda Sulselbar memperketat pengamanan soal untuk tingkat SMP, pada 9-13 Mei 2016 mendatang.

Bahkan kunci gudang dibuat dua buah dan masing-masing dipegang oleh Kepolisian dan Diknas. Untuk pendistribusian, tetap akan dilakukan pengawalan dari kepolisian, dari gudang di Makassar ke kabupaten/kota dan dilanjutkan ke sekolah atau rayon.

“Sudah dilakukan koordinasi antara intel Polda dan Diknas provinsi dua minggu lalu. Saat soal tiba di Makassar dijemput panitia dan intel polda untuk ditempatkan di gudang, dan dijaga polisi berpakaian preman, kunci dipegang panitia dan polisi,” kata Kabid Humas Polda Sulselbar, Kombes Pol Frans Barung Mangera.

Selanjutnya, sehari sebelum pelaksanaan UN, soal yang tiba dari Makassar di daerah akan diantar ke rayon masing-masing. Di daerah ditempatkan pengawalan ke sekolah-sekolah oleh polisi berpakaian dinas yaitu sabhara dan bhabinkamtibmas.

“Setiap sekolah SMP akan dijaga satu polisi, di mana Makassar yang terbanyak dan yang paling sedikit adalah Enrekang. Intinya, pengamanan akan lebih banyak karena jumlah SMP lebih banyak dari pada SMA,” jelas Barung, Minggu (24/4/2016).


BACA JUGA