Ilustrasi
#

Universitas Sawerigading Buka Pendidikan Profesi Advokat

Rabu, 21 Desember 2016 | 09:36 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Makassar,GoSulsel.com – Dalam beberapa tahun terakhir, profesi kepengacaraan semakin banyak diminati masyarakat khususnya bagi alumni sarjana hukum. Namun pendidikan khusus untuk profesi advokat ini belum banyak dibuka di Sulsel.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar, Dr Hj Asma Akbar, SH, MH, kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (20/12/2016), mengatakan, saat ini masih sangat sedikit institusi perguruan tinggi menyelenggarakan pendidikan khusus profesi kepengacaraan ini. Salah satu diantaranya adalah Fakultas Hukum Universitas Sawerigading.

pt-vale-indonesia

Dikatakan, pendidikan khusus profesi advokat masih lebih dominan berfokus di Jakarta. Tapi alumni sarjana hukum maupun sarjana hukum Islam (SHI) khususnya di Sulawesi yang ingin menjadi pengacara atau advokat tidak perlu jauh-jauh belajar ke Jakarta.

“Unsa Makassar telah menandatangani Memorandum of Understanding dengan DPN Peradi untuk penyelenggaraan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA). Saat ini pendaftarannya masih dibuka,”tandas doktor hukum PPs-UMI Makassar ini.

Dikatakan, PKPA ini berlangsung satu bulan, pada Januari 2016. Menariknya lulusan PKPA ini akan mendapatkan sertifikat kepengacaraan dan mereka sudah bisa melakukan praktek di kantor-kantor LBH. “Setelah melewati fase ini, alumi bersangkutan sudah bisa ikut tes menjadi seorang pengacara,”katanya.

Halaman: