Deng Ical: UMKM Stabilkan Perekonomian Makassar

Sabtu, 05 Agustus 2017 | 13:47 Wita - Editor: adyn - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Wakil Walikota Makassar yang juga Ketua Harian Ika Fisip Unhas, Dr Syamsu Rizal Mi, menghadiri Dialog Nasional dengan tema UMKM dan Stabilisasi Ekonomi Politik, di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Aula Prof Syukur Abdullah, Sabtu (5/8/2017)

Dalam sambutannya, Deng Ical mengatakan bahwa Makassar itu adalah salah satu kota metropolitan yang paling rentan, namun dengan kehadiran UMKM mampu menjadi stabilisator khususnya di bidang perekonomian.

pt-vale-indonesia

“Kota paling rentan itu karena ada paradoks yang terjadi di Indonesia terutama di kota Makassar, antara pertumbuhan ekonomi dan distribusi kenyamanan atau sumber daya ekonomi,” katanya

Menurutnya, saat ini pertumbuhan ekonomi di Indonesia kurang lebih 5,4 persen selama sepuluh tahun terahkir, Sulawesi Selatan tumbuh 7,2 persen dan Makassar tumbuh di atas 8 persen.

“Tetapi yang membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia, Sulawesi Selatan dan kota Makassar itu meningkat karena adanya kontribusi UMKM. Selain itu, yang membuat stabil pada saat krisis moneter tahun 2008 juga UMKM,” kata Deng Ical sapaan Wawali Makassar ini.

Lebih lanjut, pria berpendidikan doktor kebijakan publik ini mengaku jika UMKM di kota Makassar itu hampir 99 persen.

Menurutnya, identitas bisnis itu 98,78 persen yang ada di kota Makassar, yang kecil itu 1 persen, yang menengah itu tidak sampai 1 persen dan yang besar itu 00,9 persen. “Artinya itu, kontribusi UMKM itu betul-betul sangat luar biasa untuk kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.


BACA JUGA