Fakultas Peternakan Unhas dan Perusahaan Jepang Jajaki Kerjasama

Selasa, 25 Februari 2020 | 20:18 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas) menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Jepang, yakni Kobayashi Nosan Co., Ltd. Penandatanganan nota kesepahaman antar kedua pihak pun berlangsung di Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Selasa (25/2/2020).

Agreement of Joint Cooperation atau Persetujuan Kerja Sama ini berisikan kesepakatan untuk bekerja sama dalam bidang pengembangan dunia pendidikan dan penelitian. Dalam implementasinya, kedua pihak bakal saling mendukung untuk dalam proses pembelajaran, penelitian kolaborasi dan magan, dan nantinya akan melibatkan dosen dan mahasiswa.

Dekan Fakultas Peternakan, Lellah Rahim mengapresiasi langkah Kobayashi Nousan Co., Ltd ini. Sebab, perusahaan yang bergerak di bidang peternakan ini telah bersedia untuk mendukung pengembangan Fakultas Peternakan Unhas. Ia pun siap mengirim dosen dan mahasiswa untuk mengikuti program yang diadakan oleh perusahaan tersebut.

“Besar harapan kami agar dosen dan mahasiswa yang kami kirim ini, sekembalinya dari negeri Sakura, mereka sudah mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru, yang nantinya dapat ditularkan kepada sivitas akademik lainnya,” katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah menjelaskan bahwa tindakan yang dilakukan oleh Fakultas Peternakan patut diapresiasi. Pasalnya, kebutuhan institusi terhadap mitra untuk menerima magang mahasiswa dinilai sangat tinggi.

“Kita ingin mengimplementasikan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui gagasan Merdeka Belajar. Salah satu prasyarat yang dibutuhkan untuk itu adalah tersedianya mitra-mitra perusahaan dan industri yang bersedia menerima mahasiswa kita untuk mengenal dunia kerja melalui magang,” kata Suharman.

Adapun program yang dipersiapkan untuk mahasiswa, salah satunya adalah program magang. Melalui program ini, mereka diharapkan dapat mengenal dunia kerja sebelum lulus dari Unhas. Kobayashi Nousan Co. Ltd., menyatakan kesediaan untuk mendukung kebutuhan mahasiswa selama proses magang, misalnya akomodasi dan penunjang kegiatan selama magang.

Kobayashi Nousan Co., Ltd., sendiri merupakan salah satu anak dari Kobayashi Farm Group. Perusahaan ini bergerak dalam bidang peternakan. Kobayashi nantinya akan menerima tenaga kerja dari Unhas, baik itu alumni maupun mahasiswa yang menjalankan program magang di perusahaan peternakan di Jepang.(*)

Reporter: Agung Eka


BACA JUGA