Pihak Fakultas Pertanian Unhas saat memberikan bantuan kepada masyarakat berupa bakso olahan sendiri, Rabu (01/04/2020).

Fakultas Peternakan Unhas Bagikan Bakso Produk Sendiri ke Masyarakat

Kamis, 02 April 2020 | 13:12 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas) turut berpartisipasi dalam melawan pandemi Corona atau Covid-19. Ialah dengan menyerahkan bantuan bahan makanan berupa bakso kepada masyarakat.

Bakso ini merupakan hasil produksi langsung oleh unit bisnis Maiwa Breeding Center (MBC) Unhas. Dekan Fakultas Pertanian Unhas, Lellah Rahim pun mengatakan, kegiatan serah terima bantuan tersebut digelar untuk membantu masyarakat yang tengah melakukan physical distance.

Penerapan physical distance ini sendiri merupakan imbauan dari pihak pemerintah. Dimana ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Corona atau Covid-19. Sehingga, masyarakat pun mengikuti instruksi tersebut. Akan tetapi, justru ini juga membuat perekonomian mereka menurun. Olehnya, pihaknya ingin membantu dalam segi penyediaan bahan makanan.

“Melihat dampak Covid-19 kepada masyarakat yang tidak punya pilihan untuk tetap di rumah seperti, jasa bentor, ojek, atau becak. Meskipun bekerja, pendapatannya menurun sebab sebagian besar masyarakat tinggal di rumah. Tentu ini berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan sehari-hari mereka,” jelasnya saat ditemui, Rabu (01/04/2020).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, bakso tersebut merupakan salah satu produk Unggulan Inovasi. Fakultas Pertanian, kata dia, selalu terdorong untuk terlibat dalam membantu masalah sosial dan kemanusiaan. Apalagi, disaat yang genting ini, pihaknya bakal terus melakukan aksi sosial ini demi melawan Covid-19.

“Kami terlibat juga mengirim suplai bahan makanan siap saji ketika terjadi bencana Palu, juga bencana di sekitar Gowa, kami kerjasama dengan Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI). Untuk wabah Covid-19 kali ini, kegiatan sosial kami dimotori oleh Himpunan Mahasiswa Produksi Ternak dengan bantuan dana dari ranch Maiwa kerja sama MBC serta unsur sivitas akademika Fakultas Peternakan,” sambungnya.

Fakultas Peternakan telah menyiapkan sebanyak 200 paket bakso dimana setiap paketnya berisi 1 kg daging bakso siap konsumsi bagi masyarakat kecil sekitar kampus. Kelompok masyarakat yang menjadi prioritas adalah pekerja transportasi harian seperti becak, bentor dan ojek, buruh bangunan, tenaga kebersihan, dan satuan pengamanan kampus di lingkungan agrokompleks.

Terakhir, ia pun berharap kegiatan ini setidaknya bisa meringankan beban bagi masyarakat yang sangat merasakan dampak dari adanya wabah pandemi global Covid-19. Dirinya juga mendo’akan agar wabah ini segera berlalu, sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa. (*)


BACA JUGA