Masker (sumber foto: internet)

Tangani Corona, Pemprov Sulsel Bakal Siapkan 200 Ribu Masker dan 2.500 APD

Kamis, 09 April 2020 | 14:19 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Sebanyak 200 ribu masker dan 2.500 APD pun bakal disiapkan.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan, bahwa dalam waktu dekat, APD tambahan tersebut akan tiba di Sulsel. Kemudian nantinya didistribusikan ke Rumah Sakit (RS) yang ada di Sulsel.

pt-vale-indonesia

“Insha Allah berapa hari ke depan kita ada satu kontaimer APD yang akan datang. Ada 200.000 masker dan ada 2.500 APD, kacamata lengkap semua, akan tiba dan akan kita distribusi,” katanya, Rabu (07/04/2020).

Bukan hanya APD dari pemerintah, bantuan dari donator juga akan didistribusikan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel. RS atau fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Sulsel yang membutuhkan APD dapat menghubungi call center dari satuan gugus tugas tersebut.

Nurdin juga mengaku, seluruh alokasi anggaran penanganan Covid-19 telah menjadi kewenangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel. Total belum cukup Rp10 Miliar yang dipakai saat ini untuk penanganan Covid-19.

“Semua sentral kepada BPBD. Bahwa semuanya kita alokasikan kepada BPBD, saya cek tadi pagi, belum sampai Rp 10 miliar digunakan. Itu termasuk kemarin menangani pembubaran, termasuk ijtima ulama,” ucapnya.

Terkait dengan anggaran, pihaknya akan mendata dengan baik dan secara efisien. Pengelolaannya pun, kata dia, harus dengan cermat. Sebab, dengan kondisi yang ada, kondisi keuangan tidak dapat dipastikan. Sehingga peranan donatur dalam penanganan Covid-19 ini juga sangat penting.

“Jika ada yang bisa membantu APD, kita tidak perlu beli, sehingga anggaran kita ini betul-betul kita gunakan secara maksimal untuk penanganan Covid. Kalau ada peralatan kita, kenapa harus beli, kita pergunakan semua hal yang kita miliki,” tambahnya. (*)


BACA JUGA