Plt Kepala Dinkes Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin saat ditemui di Makodim 1408/BS, Senin (06/09/2021)

Vaksinasi Door to Door Khusus Lansia di Makassar Mulai November

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:41 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar akan memulai vaksinasi door to door atau dari rumah ke rumah. Program ini dikhususkan untuk mereka yang lanjut usia (lansia).

Plt Kepala Dinkes Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin memastikan vaksinasi door to door dimulai pada bulan November. Persiapan dilakukan setelah melihat perkembangan data.

“November setelah tuntas dulu program 100 RT per hari. Kita lihat capaian lansia disini dulu,” ungkap wanita yang akrab disapa Ida ini, Sabtu (23/10/2021).

Sejauh ini, Ida menyampaikan bahwa capaian vaksinasi untuk lansia masih terbilang kurang. Kebanyakan mereka memiliki komorbid atau penyakit bawaan, hingga adanya penolakan dari pihak keluarga.

Merujuk pada data yang dihimpun, pertumbuhan vaksinasi lansia bahkan hanya naik 6,4%. Atau saat ini mencapai 32,97% dari capaian awal September yaitu 26,57%. 

Hal ini sangat timpang, dibandingkan dengan kategori SDM Kesehatan misalnya yang memiliki target terendah mencapai 18.372. Namun capaiannya mampu digenjot sebesar 28,17% atau saat ini mencapai 115,98% melebihi target dimana capaian awal September dilaporkan mencapai 87,81%.

“Jadi kita harapkan semoga vaksinasi terhadap lansia ini bisa dimudahkan, jadi kita usahakan untuk fasilitasi agar mereka ini mau datang” ucap Ida.

Vaksinasi door to door khusus lansia sebelumnya juga sempat disinggung oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Ia menyebut bahwa upaya ini dilakukan demi mencapai target secepatnya.

“Door to door khusus lansia,” tutup Danny beberapa waktu yang lalu. (*)


BACA JUGA