Plt Kepala Satpol PP Kota Makassar, Iqbal Asnan/Ist

810 Personel Satpol PP Makasssr-TNI Siap Kawal Perayaan HUT Kota Makassar

Minggu, 07 November 2021 | 14:31 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) menyiapkan 750 personel untuk kelancaran jalannya HUT Kota Makassar yang ke-414. Selain memberi keamanan, Satpol PP juga bertugas menguruai kerumunan.

HUT Kota Makassar bakal berlangsung di Anjungan Pantai Losari pada 9 November 2021 mendatang. Sebanyak 200 tamu undangan dari Pemerintah Kota (Pemkot) bakal memeriahkan acara tersebut.

Disampaikan Plt Kepala Satpol PP Kota Makassar Iqbal Asnan, pihaknya telah melakukan gelar pasukan. Tujuannya, memeriksa kesiapan personelnya.

Selain personel dari Satpol PP, Iqbal mengatakan juga ada tambahan pasukan dari TNI Polri. Sehingga, total 810 personel bakal mengamankan HUT Kota Daeng ke 414 yang sisa tiga hari lagi.

“Kami juga minta bantuan TNI dan Polri untuk dukungan Pengamanan HUT Kota Makassar,” kata Iqbal, Sabtu (06/11/2021).

Menurut Iqbal, pengamanan mesti diperketat untuk kelancaran acara. Bukan hanya di lokasi upacara peringatan HUT, tetapi personelnya bakal menyebar di seluruh kecamatan.

“Jadi di HUT Kota Makassar kali ini Satpol PP menurunkan semua personel, selain di anjungan sebagai lokasi upacara peringatan juga di seluruh kecamatan se-Kota Makassar,” bebernya.

Kendati tren kasus Covid-19 terus melandai, Iqbal menilai kedisiplinan protokol kesehatan tak boleh kendor.  “Harus mengutamakan protokol kesehatan. Justru pada saat seperti ini kewaspadaan mesti ditingkatkan,” tutupnya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan pada HUT Kota Makassar yang ke-414, pihaknya bakal memperkenalkan kuliner khas taripang dan kopi. Ia menyebut hal itu untuk membangkitkan geliat ekonomi. 

Menurutnya, taripang cocok dengan teh dan kopi. Ia mengatakan ada beberapa kafe yang juga menyajikan taripang. 

“Jadi dia pas. Minum kopi enak. Minum teh juga enak. Bila ada 100 ribu orang makan taripang satu hari. 2 ribu saja dia berarti 2 miliar sehari. Kalau satu bulan berarti ada 60 miliar uang berputar di UMKM,” kata Danny Pomanto.

Hal itu ia sampaikan saat menggelar rapat persiapan HUT Kota Makassar yang bakal berlangsung pada 9 November 2021 di Pantai Losari. “Saya kira teman-teman bisa lihat bahwa sudah cukup matang walaupun belum sempurna kita akan matangkan,” kata Danny.

Pada HUT sebelumnya, Danny mengaku mengundang 12 ribu orang. Namun, lantaran pandemi Covid-19 peserta pun dibatasi.

“Ini 200 ji, dulu di Karebosi, sekarang di pantai Losari tapi yang banyak di lorongnya. Saya kira begitu. Kebersamaan ini tetap terjaga. Cinta Makassar ini,” katanya.

Berdasarkan hasil survei, Danny menyebut 60 persen masyarakat minum kopi di Makassar.  Semua hotel restoran minum kopi dengan  taripang. 

“Survei saya 60 persen orang minum kopi di Makassar. Saya punya data. Sehingga minum kopi itu internasional, di seluruh dunia. Tapi kita punya taripang sekaligus membranding Makassar di situ,” ucapnya. 

Ia menargetkan minimal 50 ribu warga yang berpartisipasi pada HUT Kota Makassar. Ia mengatakan sudah memiliki kalkulasi dan hitungan soal itu.

“50 satu lorong, 1000 lorong 50 ribu. Tapi kalau kita hitung hotel-hotel warung kopi apa semua saya pikir bisa 100 ribu,” tukasnya. (*)


BACA JUGA