Antrian truk sampah di lokasi TPA Tamangapa, Rabu (17/11/2021)

Musim Hujan Ganggu Pengiriman Sampah ke TPA Tamangapa

Kamis, 18 November 2021 | 18:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Aktivitas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa, Kecamatan Manggala terhambat. Pengiriman sampah ke lokasi mengalami kesulitan.

Seperti antrian truk sampah terjadi di jalan masuk TPA Tamangapa. Penyebabnya, jalanan yang becek atau berlumpur sepanjang jalan masuk dan di lokasi pembuangan.

Sekitar puluhan truk sampah itu harus mengantri untuk membuang sampah ke TPA Tamangapa pada Rabu (17/11/2021). Supir pun terpaksa harus melipir.

Lokasi TPA Tamangapa terlihat becek saat itu. Hujan mengguyur terus menerus. Belum lagi, kapasitas tempat pembuangan yang sudah melewati ambang batas membuat pengelola harus berkerja ekstra.

Disampaikan Kepala Tata Usaha UPTD TPA Tamangapa Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar, Syawaluddin, kondisi itu terjadi tiap tahun. Pada 2021 ini menjadi yang terparah.

“Kadang tapi kemarin itu tidak terlalu parah,” kata Syawaluddin, Kamis (18/11/2021).

Selain itu, Syawaluddin menyampaikan bahwa alat angkut sampah juga kerap tidak berfungsi. Sehingga, tak pelak terjadi antrian truk sampah dari jalan masuk hingga ke lokasi TPA Tamangapa.

“Kalau musim hujan itu memang alat kadang macet, rusak-rusak. Pas itu kalau pagi biasa kadang bersaman truk kecamatan pas masuk untuk buang semua sampahnya,” sambungnya.

Sejauh ini, Syawaluddin menegaskan jika pihaknya berupaya berkerja maksima di tengah keterbatasan. Ia pun berharap ada solusi dari persoalan ini.

“Harapannya sih harus ada cara lain untuk atasi sampah di sini. Karena kami disini akan terus bekerja, namun di sisi lain sampahnya yang ada juga over kapasitas,” harapnya.(*)


BACA JUGA