Lurah Sudiang, Ricky Andhika Karumpa

Mengenal Ricky Karumpa, Sosok Lurah Ingin Sudiang Jadi Destinasi Wisata Makassar

Jumat, 14 Januari 2022 | 23:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Namanya belum begitu mentereng seperti pejabat lain di Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Soal pengalaman, ia masih baru dalam roda pemerintahan di Makassar.

Tetapi, hal itu bukanlah masalah bagi Ricky Andhika Karumpa. Sejak awal masuk, ia sadar kinerja lebih penting ketimbang hanya sekadar mengejar eksistensi.

pt-vale-indonesia

Lurah Sudiang, Ricky Andhika Karumpa

Terbukti, di penghujung tahun 2021, kabar bahagia menyelimuti pria yang kerap disapa Ricky ini. Ia dan puluhan pejabat lainnya ditunjuk sebagai Lurah.

Ricky diberi kepercayaan menjadi Lurah Sudiang, Kecamatan Biringkanaya. Wilayah itu langsung berbatasan dengan Kabupaten Maros di sebelah barat Makassar.

Saat ditemui, Ricky bilang bahwa amanah mesti dijalankan sepenuh hati. Ia mengaku merasa bersyukur ditunjuk sebagai pelayan untuk masyarakat Sudiang.

“Tentu sangat senang. Banyak kerjaan yang harus kita lakukan di sini. Salah satunya menjadikan Sudiang sebagai destinasi wisata,” ungkap Ricky, Kamis (14/01/2022).

Ditunjuk sebagai Lurah yang berbatasan langsung dengan daerah lain, pria asal Kabupaten Enrekang ini ingin Sudiang menjadi representasi keindahan dari Kota Makassar. Pelbagai cara kemudian bakal dilakukan.

“Sudiang ini kan banyak yang lalui. Belum dari kabupaten lain. Lewat Bandara, wisatawan atau orang dari luar Sulsel pasti lebih dulu liat wilayah kita,” ujarnya.

“Kita mau ini buat kesan awalnya orang terhadap Makassar itu bagus saat datang. Saya ini kan suka traveling juga jadi memang kesan awal yang harus diperhatikan,” sambung Ricky.

Baginya, hal itu tidak mudah diwujudkan. Ia mengaku harus kerja ekstra demi membangun Sudiang. Dan kerja keras sudah menjadi salah satu budayanya.

“Jiwa entrepreneur itu harus ada dan bisa diterapkan disini. Kita mau Sudiang ini lebih dikenal dalam berbagai hal positif. Bukan stigma kalau ini jauh,” pungkas Ricky.

Profil singkat:

Ricky Andhika Karumpa, S. Stp, M. Si

Istri: Drg. Sukmawati Untung

Anak: El Radja Raffasya, Al Rashad Athaya

Pendidikan :

SDN 1 Enrekang (1999)

SLTP 1 Enrekang (2002)

SMAN 1 Enrekang (2005)

STPDN Jatinangor (2009)

Program Magister IIP Cilandak (2015)

Karir:

BKPSDM Kabupaten Enrekang (2009)

Kasi Pemerintahan Kelurahan Galonta, Kabupaten Enrekang (2009)

Kepala Kantor Perwakilan Enrekang di Jakarta (2010-2012)

Satpol PP Kabupaten Enrekang (2015)

BKPSDM Sulsel (2016-2017)

Bapenda Sulsel (2017-2021)

Dinas Pariwisata Kota Makassar (2021)

Lurah Sudiang (2021-sekarang)