Dr. Adnan Purichta Ichsan.

Potensi Adnan Maju di Pilgub Sulsel, Begini Kata Pengamat Politik

Kamis, 19 Januari 2023 | 15:16 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Pengamat Politi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Andi Ali Armunanto mengungkapkan bahwa Adnan Purichta Ichsan punya potensi untuk maju di Pilgub Sulsel 2024.

Dia menilai, pontensi itu dimiliki oleh Adnan Purichta Ichsan lantaran memiliki
popularitas, aksesibilitas, dan elektabilitas yang bagus.

“Kita juga belum bisa mengukur terlalu jauh seberapa besar elektabilitas, walaupun sudah beberapa survei sudah melakukan itu dan menemukan potensi yang luar biasa,” kata Andi Ali Armunanto, Kamis (19/1/2023).

Armunanto mengaku bahwa kinerja Adnan IYL memang bagus dimasa pemerintahannya di Kabupaten Gowa.

Namun, dalam situasi politik, apabila Adnan akan maju bertarung untuk kursi Gubernur, ia harus memperluas jangkauan politiknya.

“Adnan memang populer di daerah-daerah Makassar, Gowa, Takalar, mungkin juga Maros. Tapi kalau di daerah-daerah yang lain belum terlalu dikenal di masyarakat,” bebernya.

“Harus ada kerja keras, kerja cerdas Adnan untuk memperluas jangkauan politiknya ke daerah-daerah yang mungkin belum tau tentang sosok Adnan dan sepak terjang Adnan,” sambungnya.

Selain hal tersebut, faktor pendukung bagi Adnan maju di Pilgub adalah punya adventec dengan kehadiran Syahrul Yasin Limpo di tingkat nasional.

“Tapi ini juga menjadi pertaruhan bagi adnan bagi gubernur 2024, apakah Syahrul masih bisa bertahan sebagai menteri sampai saat itu, karena Nasdem saat ini sedang digoyang,” ujarnya.

Sementara, posisi menteri kata Andi Ali ini bisa memberikan posisi politik bagi Adnan jika bertarung untuk menjadi Gubernur Sulsel.

“Pengalaman politik adnan untuk bertarung dilevel Gubernur saya rasa juga perlu penegasan kembali, bagaimana dia mempelajari strategi-strategi yang dulu dilakukan oleh bapaknya, bagaimana juga dia mempelajari strategi Pak Syahrul untuk memberi penguatan-penguatan pada Adnan,” terangnya.

“Disisi lain, sebenarnya lawan potensial bagi Adnan ini hanya Danny Pomanto dan Andi Sudirman Sulaiman. Kalau dia menjadi calon Gubernur, maka ia adalah calon yang cukup potensial untuk melawan Andi Sudirman Sulaiman yang incumbent,” tukasnya. (*)


BACA JUGA