Gerakan 1000 Pol PP, Napi Diajar Mengaji dan Membaca Alquran

Senin, 24 Oktober 2016 | 14:48 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan program Gerakan 1000 Pol PP untuk pembinaan kerohanian bagi narapidana di Lapas dan Rutan se Sulawesi Selatan. Selain sebagai rangkaian HUT Sulsel ke-347, hal ini juga untuk menjalankan fungsi pembinaan oleh Satpol PP.

Asisten IV Bidang Administrasi Umum Sulsel, Ruslan Abu yang mewakili Gubernur Sulsel mengatakan kegiatan tersebut salah satu program Satpol PP untuk melakukan pembinaan kerohanian di seluruh kabupaten kota. Fungsi satpol di bidang kerohanian bisa dilaksanakan dengan efektif dengan koordinasi dengan kepala rutan dan lapas.

pt-vale-indonesia

“Harapan kita, selain tugas pokoknya juga melakukan pembinaan kerohanian. Institusi pemerintah juga hadir di lapas, dengan menggandeng ulama dan penceramah agama terbaik untuk dilibatkan dalam kegiatan ini,” katanya, saat meresmikan gerakan ini di Mesjid Dakwatul Ikhsan Lapas Kelas 1 Makassar, Senin (24/10/2016).

Kepala Satpol PP Sulsel,  Iqbal Suhaeb, menambahkan pihaknya tidak hanya berfungsi dalam hal penertiban dan penegakan aturan, tapi juga di dalamnya ada fungsi pembinaan masyarakat. Tak hanya bagi narapidana, pembinaan juga dilakukan bagi penyandang masalah sosial, seperti PSK, pengemis dan anak terlantar.

“Penyandang masalah sosial kita coba dekati untuk dilakukan pembinaan rohani. Kami sudah hitung rata rata kabupaten/kota antara 30-50 satpol PP, sekarang ada 1200 anggota satpol pp yang bergerak. Rutan dan lapas kurang lebih 24 rutan dan lapas,” tambahnya.

Halaman: