Situs Bola Matoe (Rumah Tua) di Bontoa Maros yang dahulu kala digunakan para cendekiawan Maros untuk membahas hal-hal strategis

Bola Matoae, Situs Berusia 200 Tahun di Maros

Kamis, 09 Juni 2016 | 22:20 Wita - Editor: adyn -

Maros, Gosulsel.com – Selain pemandangan alam, ornamen goa dan aneka ragam endemik, juga tersimpan satu situs sejarah di kaki gunung Bulu Sipong yakni Bola Matoae yang berarti Rumah Tua. Rumah dibawah kaki gunung di Dusun Bonto Lempangang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros ini telah memiliki usia lebih dari 200 tahun.

Menurut penjaga situs ini, Pak Muin, rumah yang menghadap kearah timur itu dahulu kala digunakan sebagai tempat pertemuan para cendekiawan atau istilahnya sebagai tempat “Onrong Maccarita” untuk hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal inilah yang membuat warga sekitar sangat menjaga rumah ini, karena mengandung nilai sejarah dan merupakan warisan para leluhur mereka.

pt-vale-indonesia

“Bola Matoae adalah rumah yang menyimpan sejuta sejarah yang dahulu kala difungsikan sebagai tempat pertemuan tokoh panutan. warisan leluhur ini mesti dijaga sebab tidak ada sejarah, tidak ada kita, itulah kenapa kita harus menjaga,” ujar Pak Muin yang merupakan penjaga dari situs goa prasejarah dan juga Bola Matoae. Kamis (8/6/2016).

Halaman: