Situs Bola Matoe (Rumah Tua) di Bontoa Maros yang dahulu kala digunakan para cendekiawan Maros untuk membahas hal-hal strategis

Bola Matoae, Situs Berusia 200 Tahun di Maros

Kamis, 09 Juni 2016 | 22:20 Wita - Editor: adyn -

Seiring waktu berjalan rumah ini telah mengalami renovasi yang bertujuan untuk menjaga keberadaanya. Namun masih terdapat beberapa bagian yang terbilang asli. Pak Muin, penjaga situs ini menuturkan bahwa salah satu bagian yang telah mengalami renovasi adalah atapnya. “Zaman dahulu rumah ini menggunakan atap dari anyaman daun nipa. Namun untuk alasan pemeliharaan, atap tersebut diganti dengan seng agar lebih mudah merawatanya”, tuturnya.

Meski Pak Muin dan warga sekitar terbilang masyarakat berekonomi rendah, hal tersebut tak menghalangi niat mereka melestarikan situs bersejarah ini. “Untuk menjaga Bola Matoae dan merawatnya, kami menggunakan dana swadaya warga disini,” ujarnya.

pt-vale-indonesia

Hanya saja yang disayangkan, saat ini Bola Matoae sudah nampak lapuk, kotor dan tak terawat. Seharusnya Pemerintah Kabupaten Maros memberikan perhatian lebih kepada situs-situs bersejarah seperti rumah “Bola Matoae” ini, pasalnya selain mengandung nilai sejarah & budaya juga sebagai bentuk menjaga warisan para leluhur.

Halaman: