Pramugari tampil menghibur peserta AMF (Erik Didu/gocakrawala)

Ini 3 Poin dari Deklarasi Makassar di AMF

Rabu, 09 September 2015 | 15:19 Wita - Editor: Chaerul Fadli -

Makassar, GoSulsel.com – Pertemuan para walikota dan pebisnis melahirkan tiga poin gagasan pada hari pertama pelaksanaan Asean Mayors Forum (AMF) di Hotel Four Poin by Sheraton, Jl Landak Baru, sekitar pukul 16.30 Wita, kemarin. Gagasan itu dituangkan dalam Declaration of Makassar.

“Saya rasa, kita semua walikota dan delegasi yang hadir menyepakati forum ini harus melahirkan butir ide atau gagasan agar bisa menjadi kekuatan Asean sebagaimana di Uni Eropa,” ujar Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto yang ditemui wartawan di Hotel Four Point by Sheraton, Rabu (9/9/2015).

pt-vale-indonesia

Gagasan pertama, AMF harus mendukung masyarakat Asean dalam mewujudkan kesejahteraan warganya. Kedua, menginginkan Asean sebagai kekuatan regional, nasional, dan lokal yang berakar di masing-masing kota. Terakhir, pilar masyarakat Asean harus ada di kota.

Seluruh gagasan itu menjadikan kota sebagai pusat pembahasan di AMF. Danny menjelaskan, persoalan yang dihadapi pemerintahan tingkat kota cukup detail dan kompleks. Ide ini mendapatkan respon positif dari peserta forum. Beberapa delegasi memberikan dukungan agar ide itu ditindak lanjuti ke konferensi lebih tinggi di Asean.

Walikota Seberang Perai, Malaysia mengatakan, ini kesempatan kota untuk berdaya saing. Ia mengajak para peserta agar bersama melihat peluang. Poin itu juga mendapat perhatian dari Mantan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Jalal.

Reporter: Andi Dahrul Mahfud – GoSulsel.com


BACA JUGA