Beberapa anak-anak menyambut tamu AMF di Longgar, Jl Toddopuli I, Kassi-kassi, Rappocini, Rabu (9/9/2015). foto: andi dahrul mahfud/gosulsel.com

Tari Kabasaran Minahasa Sambut Peserta AMF di Longgar

Rabu, 09 September 2015 | 17:09 Wita - Editor: Chaerul Fadli -

Makassar, GoSulsel.com – Ada yang unik dari penyambutan peserta Asean Mayors Forum (AMF) di proyek percontohan Lorong Garden (Longgar), Jl Toddopuli I, Kelurahan Kassi-kassi, Kecamatan Rappocini, Rabu (9/9/2015).

Meski berlokasi di kawasan Sulawesi Selatan, tamu dari kalangan walikota dan pebisnis di Asia Tenggara ini disambut Tari Kabasaran dari Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut).

pt-vale-indonesia

Tarian ini dimainkan beberapa anak-anak warga sekitar. Mereka mengenakan pakaian merah dan menggunakan senjata tiruan sebagai aksesoris tarian penyambutan ini.

“Kami memilih anak-anak kecil sebagai bentuk partisipasinya. Kalau orang dewasa sudah biasa,” ujar pendamping penari, Sony Ngala yang ditemui GoSulsel.com, Rabu (9/9/2015).

Tarian ini dahulunya merupakan tarian perang warga Minahasa. Untuk itu, panitia memilih Tari Kabasaran untuk menampilkan bentuk partisipasi pengamanan peserta AMF di Longgar.

Tarian ini cukup mirip dengan tarian Cakalele dari Maluku. Maka, beberapa warga Longgar menyebut tarian ini tarian Cakalele.

Meski menampilkan tarian dari Sulut, nilai-nilai lokal juga ditampilkan oleh ibu-ibu warga Kassi-kassi yang menggunakan Baju Bodo.

Reporter: Andi Dahrul Mahfud – GoSulsel.com


BACA JUGA