Kelas penulisan kritik seni rupa kedua yang diadakan di kediaman Prof Sofyan Salam, Senin (07/09/2015), (Foto: Dokumentasi Makassar Biennale 2015).
#

Besok, Kurator Galeri Nasional Jadi Narasumber Kelas Penulisan Kritik Seni Rupa

Kamis, 10 September 2015 | 15:42 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Nilam Indahsari - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Kurator Galeri Nasional Indonesia, Suwarno Wisetrotomo, rencananya hadir sebagai narasumber kelas penulisan kritik seni rupa di rumata’, Jumat (10/09/2015) pukul 3 sore. Kelas penulisan ini diadakan dalam rangkaian Makassar Biennale 2015 yang akan dilaksanakan 17-31 Oktober 2015 nanti.

Konsep kelas penulisan ini adalah mengajak peserta berkeliling ke studio-studio seniman seperti Firman Djamil dan Mike Turusy juga toko-toko seni rupa di Makassar. Setelah itu, mereka diminta menulis lalu hasilnya didiskusikan.

pt-vale-indonesia

Sebelumnya, kelas ini telah digelar dua kali yakni 29 Agustus dan 7 September. Salah satunya digelar di kediaman Prof Sofyan Salam, guru besar Universitas Negeri Makassar. Ada beberapa hal yang dibahas saat itu antara lain tentang kondisi sosial politik yang memberi pengaruh terhadap perjalanan seni rupa.

“Tujuan kelas penulisan kritik seni rupa ini adalah untuk merespons seni rupa di Makassar dan Makassar Biennale 2015,” terang Nur Abdiansyah selaku Direktur Artistik Makassar Biennale 2015.

Untuk kelas penulisan besok, empat kurator lokal akan mendampingi Suwarno yang juga didaulat sebagai kurator Makassar Biennale 2015.


BACA JUGA