Retrospeksi Firman Djamil, Firman Djamil, Rumata'
Seorang pengunjung sedang melihat salah satu karya Firman Djamil yang dipamerkan di Rumata', Jumat (06/11/2015). (Foto: Iskandar Achmad/GoSulsel.com)
#

Firman Djamil Persiapkan Diri Sebagai Seniman Sejak Kecil

Jumat, 06 November 2015 | 21:02 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Iskandar Achmad - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Pameran Retrospeksi Firman Jamil yang bertajuk “The Beginning” dibuka pada pukul 8.30 malam ini, Jumat (06/11/2015). Saat diskusi, Firman mengutarakan bahwa sedari kecil dirinya yang kini banyak melahirkan karya seputar isu lingkungan ini sudah mempersiapkan dirinya untuk jadi seorang seniman.

“Saya dulu memang serius untuk jadi seorang seniman itu jaman dulunya,” kata Firman di tengah hadirin yang datang mengapresiasi karya-karyanya, Jumat (06/11/2015).

pt-vale-indonesia

Dalam pameran ini, pengunjung bisa menyaksikan karya-karya perupa ini di tahun 1980-an, sejak ia masih duduk di bangku sekolah dasar.

“Di karya ini ada karya saya waktu SD, SMP, hingga SMA. Saya pernah ikut lomba di Bone, sebenarnya cuma uji nyali dan ternyata saya semua menang,” kata Firman Jamil, mengenang.

Halaman 2
Retrospeksi Firman Djamil

Suasana pengunjung Retrospeksi Firman Djamil di Rumata’, Jumat (06/11/2015). (Foto: Iskandar Achmad/GoSulsel.com)

Satu-satunya seniman Indonesia yang namanya tertera di Sculpture Now oleh Anna Mozsynska ini mengaku dirinya telah melakukan praktek meledek kondisi sekitarnya sejak masih muda.

“Di sini juga ada karya visual yang saya buat. Sebenarnya ini ledekan waktu dulu saya masih muda,” ungkap Firman. (*)


BACA JUGA