BNI Buka Kredit Pensiun untuk Pegawai Purnabakti

Selasa, 29 September 2015 | 01:33 Wita - Editor: Baharuddin -

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) membuka kredit pensiun. Kredit ini diperuntukkan untuk para pensiunan maupun pegawai calon purnabakti.

“Kredit pensiun ini sebagai percepatan untuk meningkatkan portopolio kredit pensiun yang diharapkan dapat memberi manfaat dan keuntungan bagi calon purnabhakti dan purnabhakti,” kata CEO BNI Regional Makassar, Slamet Jumantoro, saat membuka event re-launch BNI, di Hotel Horison, Senin, (28/9/2015).

Slamet Jumantoro mengatakan, BNI Kredit pensiun merupakan produk layanan kredit tanpa agunan dari BNI khusus bagi pensiunan peserta Taspen. Layanan ini diberikan sesuai dengan kemampuan kalangan pensiunan yang bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha baru maupun untuk berbagai keperluan lainnya seperti berwisata ataupun paket perjalanan ibadah umroh.

“Selain memberikan tawaran menarik bagi pensiunan yang membutuhkan pinjaman tanpa agunan, BNI juga menyiapkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis (medical checkup), konsultasi keuangan (finansial checkup kepada calon purnabhakti maupun purnabhakti),” tuturnya.

Halaman 2

Sementara itu, Head of Consumer Banking, Rizwan Nazaruddin menambahkan bahwa ditandai dengan dirilisnya kembali layanan BNI kredit pensiun maka pensiunan menjadi segment pasar baru BNI.

“Memang bisa dikatakan BNI sebagai salah satu bank yang tertinggal di segmen pasar ini. Tetapi pasar pensiunan masih sangat terbuka lebar, setiap tahun paling tidak ada 100.000 pegawai yang pensiun dan saat ini angka pensiunan diperkirakan mencapai 2,4 juta orang dengan pembayaran manfaat pensiun sebesar Rp5,3 triliun perbulan,” jelasnya.

Menurut dia, penyaluran kredit untuk berbagai keperluan kalangan pensiunan, BNI juga berharap sebagai mitra Taspen dapat lebih optimal untuk meningkatkan portopolio gaji pensiun.

Program Re-launch BNI Kredit pensiun nasabah dimudahkan mengajukan aplikasi kredit pensiun, mulai dari bunga 9,48 persen untuk kredit jangka waktu 1-3 tahun, bunga 10,56 persen untuk kredit jangka waktu 4-5 tahun, bunga 11,88 persen untuk kredit jangka waktu 6-8 tahun, dan bungan 12 persen untuk kredit jangka waktu 9-10 tahun.

Halaman 3

Besaran dana yang bisa diberikan mulai Rp15 juta hingga Rp150 juta. Keunggulan produk ini bebas biaya administrasi dan biaya provisi 0,5 persen dari plafon kredit yang disetujui serta dilengkapi dengan asuransi jiwa. Premi dibayarkan dari dana pinjaman yang diberikan. Sementara itu usia maksimal peserta saat lunas adalah 70 tahun.

Sementara itu, Kepala Badan kepegawaian Kota Makassar, HB Amiruddin mengapresiasi prgram kredit pensiun. Para pegawai Pemkot yang sudah memasuki purnabakti segera mengurus kredit pensiun.

“Setelah pensiun, biaya kesehatan, ansuran perumahan, biaya pendidikan serta lainnya masih harus ditanggung. Solusinya bank uang untuk dijadikan modal usaha,” kata dia.

Reporter: Sutriani Nina – Go Cakrawala

 


BACA JUGA