Seporsi Bassang Yosda. (Foto: Iskandar Achmad/gosulsel.com).

Bassang Yosda, yang Manis & Gurih di Pagi Hari

Minggu, 04 Oktober 2015 | 09:13 Wita - Editor: Nilam Indahsari -

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Ingin yang manis dan gurih untuk pagi Anda? Bassang Yosda bisa jadi salah satu jawaban. Bassang yang mulai buka pukul 6 pagi hingga pukul 11 siang ini terletak di Jalan Yos Sudarso buka setiap hari kecuali pada bulan Ramadhan.

“Saya biasa makan di sini setiap pagi kalau tidak sempat sarapan di rumah. Untuk rasa bassang di sini memang enak, jagungnya tidak keras, cara masaknya bagus. Saya biasa makan bassang pake susu sama milo. Rasanya enak,” tutur Afrizal, pelanggan setia Bassang Yosda.

Bassang di tempat ini memang cukup variatif. Tak hanya pakai atasan gula saja seperti yang umum dijual. Tapi gurihnya santan bisa juga dipadu dengan susu kental manis atau susu coklat bubuk. Harganya pun variatif.

Pegawai warung sedang menyiapkan seporsi Bassang Yosda. (Foto: Iskandar Achmad/gosulsel.com).

Pegawai warung sedang menyiapkan seporsi Bassang Yosda. (Foto: Iskandar Achmad/gosulsel.com).

“Untuk bassang, biasa itu harganya Rp 3 ribu. Kalau pakai susu itu Rp 5 ribu. Sedangkan kalau ditambahkan dengan milo itu harganya Rp 6 ribu. Biasanya pembeli pesan bassang pakai susu sama milo,” ungkap Hj Hamida, pemilik usaha Bassang Yosda.

Bassang Yosda ini sudah ada kurang lebih 40 tahun. Perintisnya bernama H Lide, ayah Hj Hamida.

Halaman 2
Spanduk Bassang Yosda yang membuat usaha ini mudah dikenali para pemburu bassang. (Foto: Iskandar Achmad/gosulsel.com).

Spanduk Bassang Yosda yang membuat usaha ini mudah dikenali para pemburu bassang. (Foto: Iskandar Achmad/gosulsel.com).

Di usia sekarang ini, usaha Bassang Yosda sudah mampu menghabiskan 13 liter jagung pipil tiap hari. Bahkan di hari Sabtu dan Minggu Hj Hamida mengaku, warungnya memasak hingga 20 liter.

“Kalau hari Senin sampai Jumat bassang yang habis itu 13 liter. Tapi kalau hari Sabtu dan Minggu 20 liter. Untuk pendapatan di hari biasa itu Rp 1,3 juta. Tapi kalau hari Sabtu dan Minggu bisa lebih dari itu,” ungkapnya kepada GoSulsel.com, Senin (28/09).

Bassang Yosda ini ternyata tak hanya digemari di Makassar tapi juga di luar Makassar.

“Bassang di sini biasanya saya kirim ke Kalimantan sama Jakarta kalau ada pesanan,” aku Hj Hamida.


BACA JUGA