Bassang/cookpad

Sarapan Khas Orang Sulawesi Selatan: Bubur Jagung Bassang

Minggu, 17 Maret 2019 | 06:32 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Nurfadillah Amir - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM Bassang merupakan makanan khas dari Sulawesi Selatan. Makanan ini sejenis bubur yang terbuat dari jagung ketan pulut, tepung terigu, air, gula dan garam. Bassang disantap selagi panas dengan tambahan gula pasir.

Cara membuat atau memasak Bassang cukup mudah. Bahan dasar jagung direndam dulu semalaman agar jadi lunak.

Kemudian, bulir jagung itu dimasak hingga airnya habis. Lalu tambahkan santan dan daun pandan. Masak hingga jagung menjadi empuk.

Selanjutnya santan dikentalkan menggunakan campuran tepung terigu dan sedikit air. Lalu diberi garam dan vanili, aduk hingga rata.



Makanan rasa manis ini sering kita dapatkan di rumah-rumah orang Sulawesi Selatan atau kerap juga dijajakan di beberapa warung.

Makanan yang kaya akan karbohidrat ini memiliki fungsi yang sama dengan nasi, jadi dapat dikonsumsi tiap saat dan sudah pasti mengenyangkan.

Seorang ibu di Kabupaten Takalar cerita kepada Gosulsel.com,  betapa keluarga kecilnya begitu doyan dan rutin menyantap bassang sebagai menu sarapan.

Kata Hasniah, ibu itu, sebelum beraktivitas saban hari, semua anggota keluarga akan menyantap makanan tersebut.

“Suami saya dan anak-anak saya sangat suka, makanya bassang itu dijadikan sarapan di rumah,” ungkapnya, Jumat (15/3/2019).

Karena kegemaran membuat dan menyantap bassang, Hasniah lalu kepikiran mejadikannya ladang usaha. Bassang jualannya kini cukup laku di sekitaran Uweya, Desa Tarowang, Kecamatan Galesong Selatan.

Harga kuliner makassar bassang yang Ia jual bergantung keinginan konsumen. Mulai dari Rp 3.000 sampai sebanyak keinginan pembeli.(*)


BACA JUGA