Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal

Deng Ical: Reklamasi Itu Konsekuensi Pembangunan

Selasa, 06 Oktober 2015 | 03:28 Wita - Editor: gun mashar - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal menyebut reklamasi Pantai Losari itu sebagai konsekuensi pembangunan. Ia juga menolak istilah adanya ganti rugi bagi nelayan yang kehilangan mata pencaharian sebagai dampak reklamasi.

“Memang begitu, itulah resiko pembangunan. Resikonya pembangunan harus ada yang siap. Makanya diberikan keterampilan yg lain”. ujar Deng Ical, sapaan akrabnya, ketika ditanyai mengenai reklamasi dan nelayan yang kehilangan mata pencaharian, di ruang kerjanya, Senin (5/10/2015).

pt-vale-indonesia

Ical mengatakan,pemerintah punya itikad baik untuk dapat menyelesaikan konflik dengan beberapa cara, salah satunya, pengalihan profesi dari nelayan menjadi profesi yang diminati korban reklamasi.

“Jadi ini bukan ganti rugi dek. Karena mereka itu bukan pemilik. Jadi bukan konsep ganti rugi. Konsep pengganti mata pencarian,” tuturnya.

Halaman 2

Lebih lanjut Ical mengatakan bahwa bahwa pengalihan profesi kepada para nelayan sebenarnya telah berjalan, lantaran hal tersebut telah menjadi syarat pokok daripada reklamasi.

“Itu salah satu persyaratan reklamasi dek. Jadi harus terdataki itu,” tutupnya.


BACA JUGA