Cooking Demo bersama Desi Trisnawati. (Foto: Muhaimin/gosulsel.com).

3 Kuliner Nusantara di Cooking Demo MaRI Piknik

Jumat, 09 Oktober 2015 | 11:38 Wita - Editor: Nilam Indahsari -

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Pemenang Master Chef Indonesia Season 2, Desi Trisnawati, memasak 3 kuliner nusantara dalam acara Cooking Demo, Jumat (09/10). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Wisma Kalla ini merupakan rangkaian dari acara MaRI Piknik.

“Untuk hari ini, saya akan masak ada 3 menu masakan nusantara. Yang pertama itu masakan dari daerah Bangka karena saya dari Bangka yaitu Cumi Masak Asam, Soto Udang Medan, dan Ikan Sambal Matah,” kata Chef Desi.

Dalam cooking demo itu, Chef Desi mengurai secara detail bumbu-bumbunya.

“Bumbu yang digunakan untuk membuat Cumi Masak Asam itu bahan ada 1 kg cumi, 3sdm asam jawa, 1/4 sdm sendok makan garam, 1/2 sdm gula, 3-5 sdm minyak goreng, dan beberapa bumbu halus,” urai Chef Desi.

Begitu pula dengan menu ke dua yakni Soto Udang Medan.

Halaman 2

“Untuk bahan sama bumbu yang digunakan untuk Soto Udang Medan itu ada 500gr udang pacet, 1 jeruk nipis, garam, minyak, gula, kaldu ayam bubuk, dan beberapa bumbu halus lainya,” lanjutnya

Untuk menu ke tiga, ada Ikan Sambal Matah dengan menggunakan bahan 1 ekor ikan karapu/kakap, garam, jeruk nipis, dan lada.

“Untuk sambal, ada 10 bawang merah, 2 batang, 10 cabe merah, 5 cabe rawit, 3 jeruk limo, 1/2 sdt terasi, 5 sdm minyak kelapa,” kata Chef Desi, menerangkan bahan-bahan dari sambal matah.


BACA JUGA