Cooking Demo bersama Desi Trisnawati. (Foto: Muhaimin/gosulsel.com).

3 Kuliner Nusantara di Cooking Demo MaRI Piknik

Jumat, 09 Oktober 2015 | 11:38 Wita - Editor: Nilam Indahsari -

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Pemenang Master Chef Indonesia Season 2, Desi Trisnawati, memasak 3 kuliner nusantara dalam acara Cooking Demo, Jumat (09/10). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Wisma Kalla ini merupakan rangkaian dari acara MaRI Piknik.

“Untuk hari ini, saya akan masak ada 3 menu masakan nusantara. Yang pertama itu masakan dari daerah Bangka karena saya dari Bangka yaitu Cumi Masak Asam, Soto Udang Medan, dan Ikan Sambal Matah,” kata Chef Desi.

pt-vale-indonesia

Dalam cooking demo itu, Chef Desi mengurai secara detail bumbu-bumbunya.

“Bumbu yang digunakan untuk membuat Cumi Masak Asam itu bahan ada 1 kg cumi, 3sdm asam jawa, 1/4 sdm sendok makan garam, 1/2 sdm gula, 3-5 sdm minyak goreng, dan beberapa bumbu halus,” urai Chef Desi.

Begitu pula dengan menu ke dua yakni Soto Udang Medan.

Halaman 2

“Untuk bahan sama bumbu yang digunakan untuk Soto Udang Medan itu ada 500gr udang pacet, 1 jeruk nipis, garam, minyak, gula, kaldu ayam bubuk, dan beberapa bumbu halus lainya,” lanjutnya

Untuk menu ke tiga, ada Ikan Sambal Matah dengan menggunakan bahan 1 ekor ikan karapu/kakap, garam, jeruk nipis, dan lada.

“Untuk sambal, ada 10 bawang merah, 2 batang, 10 cabe merah, 5 cabe rawit, 3 jeruk limo, 1/2 sdt terasi, 5 sdm minyak kelapa,” kata Chef Desi, menerangkan bahan-bahan dari sambal matah.


BACA JUGA