Rayakan 1 Muharram, Warga Rapocini Pesta Makan Kue Tradisional di Pinggir Kanal

Rabu, 14 Oktober 2015 | 15:25 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – banyak cara untuk mengekspresikan kesyukuran dalam memperingati tahun baru Islam 1 Muharram. Seperti dilakukan oleh warga Inspeksi Kanal, Kelurahan Rapocini, Makasar, Rabu (14/10/2015).

Mereka menggelar pesta makan kue tradisional di pinggir kanal Rappocini. Pesta itu dilaksanakan sekitar pukul 10.30 Wita.

“100-an warga ambil bagian dalam pesta kanal kelurahan Rappocini. Ini bentuk partisipasi warga memperingati tahun baru islam. Kita isi dengan ceramah agama dan makan-makan kue bersama warga,” kata Lurah Rappocini, Aulia Arsyad, ketika ditemui, di lokasi siang tadi.

Aulia mengatakan, pesta kanal dilaksanakan dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1437 hijriah. Berlokasi tepat di pinggir kanal, sebanyak 24 stand milik warga menyajikan sejumlah makanan dan kue tradisional.

“Kelurahan Rappocini terdiri dari 5 RW dan 24 RT. “Setiap RT ambil bagian, jadi total ada 24 stand disini,” ungkapnya.
Halaman 2

Wakil Walikota Makassar Syamsul Rizal hadir sebagai tamu pada pesta kanal. Ia mengungkapkan, rasa bangga atas inisiatif warga melaksanakan pesta kanal menyambut tahun baru islam.

“Ini patut kita apresiasi, kumpul-kumpul seperti ini merangsang terjalinnya silaturahmi yang baik sesama warga,” kata Deng Ical dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, pria murah senyum ini meminta warga untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah kedalam kanal. “Kita sama-sama jaga kanal kita dan Pemerintah juga tengah bertahap melakukan pengerukan,” ungkapnya.

Adapun kue tradisional disajikan oleh warga, diantaranya barongko, jalangkote, pisang goreng, apang paranggi, roko-roko unti dan bolu.


BACA JUGA