Toraja, Ke'te' Kesu', Tongkonan
Kompleks rumah adat tongkonan di Ke'te' Kesu', Tana Toraja. Tak jauh dari kompleks ini, terdapat wisata makam. (Foto: Sahrul Ramadhan/GoSulsel.com)
#

Rumah Para Tengkorak di Ke’te’ Kesu’ Tana Toraja

Senin, 09 November 2015 | 13:19 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Sahrul Ramadhan - GoSulsel.com

Halaman 1

Toraja, GoSulsel.com – Ke’te’ Kesu’ merupakan objek wisata di Kabupaten Tana Toraja yang tawarkan bentangan alam pegunungan yang terhampar mengitari kawasan ini. Ia juga memendam kompleks rumah adat Toraja yang disebut tongkonan.

Namun selain wisata alam dan rumah adat, di sini Anda juga bisa berwisata makam. Tapi jangan membayangkan makam yang menyembul di permukaan tanah. Soalnya, di area ini, kompleks pekuburannya malah berada dalam dinding-dinding gua dan dalam pohon. Banyaknya tulang-belulang manusia yang berasal dari puluhan tahun lalu, hingga saat ini masih utuh. Inilah yang jadi daya tarik bagi pelancong.

pt-vale-indonesia

Fitri misalnya, mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Manajemen (STIEM) Bongaya, Makassar. Ia memilih berakhir pekan ke tempat wisata Ke’te’ Kesu’ ini karena penasaran dengan cerita unik dari tempat wisata yang tawarkan perkuburan tua.

“Awalnya saya dengar cerita dari teman-teman yang pernah datang berwisata ke sini. Karena penasaran dengan cerita uniknya, saya akhirnya tertarik untuk datang, mumpung libur,” jawab Fitri dengan sumringah saat ditanyai GoSulsel.com mengenai alasannya ke Ke’te’ Kesu’, Minggu (08/11/2015).

Halaman 2

Menurut Fitri, baginya, berwisata ke tempat yang tak lazim punya cerita sendiri.

“Selain karena keunikannya dengan rumah adat toraja yang di dalamnya ditempati tulang-belulang, saya juga sempat tersentak waktu liat kepala tengkorak yang disimpan di luar pintu-pintu rumah (tongkonan) di tempat ini,” kata Fitiri.(*)


BACA JUGA