#

Slurp! Kuah Tradisional Sop Kepala Ikan Warung Barrang Lompo di Pelita

Kamis, 19 November 2015 | 11:00 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Iskandar Achmad - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Selalu saja ada yang minta tambah kuah jika sedang menyantap Sop Kepala Ikan di Warung Barrang Lompo. Warung yang terletak di Jl Pelita Raya (samping Warkop Anas) ini menyajikan sop ikan yang memakai kepala ikan kakap merah sebagai bahan utama. Kuah menu ini dibuat dari rempah-rempah tradisional dan diolah secara manual. Itu makanya, cita rasa bumbu dan aromanya lebih terasa.

“Sop Kepala Ikan di sini itu sudah ada dari tahun 2002. Yang kita pake untuk bikin Sop Kepala Ikan di sini itu, kita menggunakan kepala ikan kakap merah atau kakap putih. Untuk rempahnya, kita masih pake rempah-rempah tradisional terus juga cara olahannya itu kita masih pake cara dulu,” jelas Citra, pemilik warung, kepada GoSulsel.com, Rabu (18/11/2015).

pt-vale-indonesia

Berbeda dengan sop kepala ikan yang berada di Jl Mappanyukki, kuah sop di warung ini terlihat lebih ringan. Pasalnya, tak ada tambahan kemiri. Asam yang digunakan juga lain. Dari aroma dan rasanya, jelas kuah sopnya memakai asam dari mangga yang dikeringkan.

Dengan membayar Rp 40 ribu, pengunjung sudah bisa mendapatkan semangkuk Sop Kepala Ikan. Penyajiannya pun dipisah antara sop yang wajib ditambahkan bawang goreng plus daun seledri cincang dengan pelengkapnya. Pelengkapnya berupa jeruk nipis dan raca’ mangga jika ingin menambah keasamannya dan cabe rawit segar bagi yang senang pedas.

Halaman 2
Kuliner, Kuliner di Makassar, Sop Kepala Ikan, Jalan Pelita Raya, Raca' Mangga, Warung Barrang Lompo

Warung Barrang Lompo yang terletak di Jl Pelita Raya. (Foto: Iskandar Achmad/GoSulsel.com)

Sop Kepala Ikan yang dapat dipesan sejak pukul 11 siang sampai pukul 5 sore di warung ini telah memikat hati berbagai kalangan. Apalagi orang-orang yang bekerja di sekitar Jl Pelita Raya.

“Pembeli yang datang di sini dari semua kalangan tapi yang lebih banyak itu orang kantor yang datang makan siang,” tutup Citra.(*)


BACA JUGA