Logo Pemkot Makassar

1.448 Calon Kepsek di Makassar Lolos Tes Administrasi

Jumat, 20 November 2015 | 18:58 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Perintahan Kota (Pemkot) Makassar menggelar lelang jabatan Kepala Sekolah (Kepsek di Makassar. Ada 1.448 Calon Kepsek lolos tes administasi, selanjutkan akan mengikuti tes akademik.

“1448 calon kepsek yang lolos tes administrasi untuk masuk ketahapan selanjutnya yakni tes akademik akan segera diserahkan ke Sekretariat Daerah kota Makassar dan juga menunggu jadwal kesiapan dari LP2KS untuk pelaksanaan tes akademik, “kata  Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disbud) Kota Makassar, Hasbi, ketika ditemui di kantornya, Jumat (20/11/2015).

pt-vale-indonesia

Habis mengatakan, ada 12 item sesuai dengan Permen Diknas nomor 28 tahun 2010 mengenai lelang jabatan Kepsek.

“Seorang calon Kepsek harus seorang sarjana, sementara ditemukan dari seleksi berkas banyak calon Kepsek yang bukan sarjana khususnya dari calon kepsek SD dan Kepsek sebelumnya telah menjabat sebagai Kepsek.

Halaman 2

Ia mengatakan, persyaratan mutlak yang harus dimiliki oleh calon kepsek yakni surat keterangan bebas Nafsa dari BNK (Badan Narkotika Kota), surat ini disertakan saat seleksi akademik.

“Akan diikutkan bebas Nafsa, seluruh peserta harus mengantongi surat keterangan bebas nafsa dari BNK. Kita tidak ingin ada Kepsek yang terlibat narkoba” tegasnya.

Lebih lanjut Hasbi mengatakan, tim tes akademik lelang Kepsek terdiri dari 2 macam yaitu tim dari asesor LP2KS jumlahnya akan menyesuaikan dengan jumlah peserta karena jumlah tes akademik Kepsek berbeda dengan tes akademik yang lain. Kata dia, diseleksi akademik menggunakan rasio satu banding satu dengan asesor menguji 15 calon.

“Jadi bisa diperkirakan untuk seribu calon bisa sampe 400 orang asesor. Secara teknis seleksinya bisa face to face atau Focus Group Discussion. Kalau yang akan diujikan oleh tim LP2KS pasti apa yang ada di Permen 28,” pungkasnya.