Trans Mall Makassar, Mushalla Athirah
Kondisi ruang Mushalla Athirah di Trans Mall Makassar. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Mushallah Trans Mall, Nuansa Sejuk untuk Beribadah di Tengah Berbelanja

Senin, 23 November 2015 | 13:15 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Berbagai barang yang membuai mata di mal biasa membuat orang lupa waktu, termasuk mereka yang memeluk Islam. Untuk mengatasi jauhnya jarak antara mal dengan masjid, maka manajemen mal menyediakan tempat ibadah yang berada di dalam kawasannya. Salah satu yang cukup nyaman adalah yang ada di Trans Mall Makassar (TMM).

Tempat beribadah ini sanggup membuat para pengunjung nyaman. Udara di mushallah ini begitu wangi. Lantainya pun berkilau. Mulai dari wastafel, tempat berwudhu, hingga tempat salatnya didesain begitu nyaman.

pt-vale-indonesia

GoSulsel.com menemui salah seorang karyawan kebersihan, Suharti, di sekitaran mushallah yang berada di lantai 3 itu. Ia bercerita, tempat ini sering ada pengunjung di waktu-waktu tertentu, seperti pada saat masuk jam shalat. Namun sebelum waktu ibadah, para petugas membersihkan terlebih dahulu tempat ibadah ini.

“Biasanya sebelum masuk waktu shalat, para petugas kebersihan membersihkan lantai dan semua sarana agar tetap nyaman digunakan oleh pengunjung,” ujar Suharti kepada
GoSulsel.com, Minggu (22/11/2015).

Suharti merupakan office girl yang bertanggung jawab untuk membersihkan sarana di lantai 3 TMM yang meliputi kebersihan toilet, lantai mal, serta Mushallah Athirah.

Halaman 2

“Setiap hari ada 3 shift kebersihan. Yang pertama itu dibersihkan pada pukul 10 pagi, setelah itu pukul 12 siang, lalu pukul 3 sore. Jangan sampai orang yang mau melaksanakan salat tidak nyaman karena kotor. Jadi kita ditugaskan sama pimpinan untuk tetap menjaga kebersihan mushallah,” katanya.

Mushallah Athirah yang terletak di lantai 3 TMM ini memiliki fasilitas berupa ruangan yang
dilengkapi oleh air conditioner (AC), wastafel, ruang ganti pakaian, dan tempat ambil air wudhu. Ruangan ini terdiri dari 2 sisi, yakni khusus pria dan wanita.

Namun berbeda dengan mushallah yang berada di basement TMM. Lokasi ini ternyata punya aktivitas layaknya mesjid. Setiap kali ramai hingga sering dijadikan tempat untuk salat Jumat bagi karyawan yang bekerja di sini.

“Kalau di sini beda lagi. Bukanmi mushallah tapi sudah jadi mesjidmi. Bahkan sering dijadikan tempat untuk salat Jumat. Kalau masuk bulan Ramadan, aktivitasnya sama dengan mesjid yang di luar, salat 5 waktu serta salat tarawih. Bahkan untuk buka puasa juga biasa dilakukan selama bulan Ramadan,” ujar Suryani R, salah seorang petugas kebersihan mushallah TMM yang berada di basement.

Berbeda dengan Mushallah Athirah di lantai 3, mushallah yang berada di basement ini sangat lengkap. Mulai dari toilet, tempat ganti pakaian, mukenah, sajadah, dan sendal untuk mengambil air wudhu juga tersedia.

“Semua itu tidak adaji yang dibayar. Kan biasa kalau masuk WC-ki di mal bayar, tapi ini tidakji. Nitip sendal juga gratis, semuanya bisa kita pakai,” katanya.

Karena kebersihannya, banyak karyawan di waktu istrahatnya menggunakan mushallah
basement untuk beristirahat sambil berbaring.

Ini foto-foto yang lain:

Halaman 3

Trans Mall Makassar, Mushalla Athirah

 

Halaman 4

Trans Mall Makassar, Mushalla Athirah

 

(*)


BACA JUGA