Pelatihan Jurnalistik.

Disdik Sulsel Gelar Pelatihan Jurnalistik di Hotel Dinasti

Jumat, 04 Desember 2015 | 16:55 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Amiruddin - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik lintas Media se Sulsel. Sebanyak 80 peserta mengikuti pelatihan, di Hotel Dinasti, Jl Lombok, Makassar, selama 3 hari, sejak Kamis-Sabtu (3-5/12/2015).

“Pers menjadi satu lembaga yang menjadi jembatan kepada masyarakat. Makanya, untuk meningkatkan pemahaman di bidang jurnalistik, perlu dilakukan pelatihan,” kata Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Heri Mahmud, ketika ditemui disela-sela pelatihan jurnalistik, Jumat (4/12/2015).

Heri mengatakan, secara umum akan motivasi para insan pers untuk meningkatkan intelektual keterampilan serta kemampuan menghasilkan karya atau berita. Ini juga mendorong pembangunan khususnya bidang pendidikan di Sulsel khususnya meningkatkan wawasan & pengetahuan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan para wartawan semakin terampil dalam penulisan pemberitaan khususnya pendidikan, kegiatan ini juga akan mempererat kemitraan antara pers dan pemerintah khususnya Diknas Sulsel, demi peningkatan mutu pendidikan,” ujarnya.

Ia berharap, kedepan pers terus tumbuh dan menggelora. Sehingga, sasaran dan harapan pembangunan daerah di bidang pendidikan dapat dicapai sesuai yang diinginkan bersama.

Direktur Upeks, Silahuddin Genda saat membawakan materi dalam kegiatan tersebut, Mengatakan, Seorang wartawan profesionalisme dalam  melaksanakan tugasnya dalam mencari, menulis, memberitakan dan bisa mengawal atau mengikuti perkembangan kasus-kasus yang telah diungkapnya agar apa yang telah diungkap bisa mencapai tujuan pemberitaan.

Halaman 2

“Seorang jurnalis harus profesional dalam bertugas harus profesional tidak bisa mengatasnamakan pribadi, lembaga, atau yang lainnya agar kemurnian pemberitaan tetap terjaga” ujarnya

Lanjut Silahuddin Genta, wartawan juga selain menjaga profesionalis, Ia juga harus bisa memperkuat hubungan  personal dengan narasumber agar bisa mempermudah akses.

“Seorang jurnalis juga harus memperkuat hubungan personal dengan narasumber mempermudah akses nantinya. Tapi antara hubungan personal dan profesi masing-masing memiliki porsi tersendiri atau tidak hubungan emosional tidak bisa mengganggu profesionalis sebagai jurnalis”. Tutup silahuddin

Hadir dalam kegiatan ini narasumber dari tim dinas pendidikan Prov Sulsel,  praktisi pers antara lain Silahuddin Genda Direktur Upeks, Fahruddin Palapa Direktur Berita Kota Makassar, Jumadi Mappanganro Ketua PJI Sulsel, Uslimim Pimpred Harian Fajar, Nasrullah Nara Wartawan Kompas dan organisasi wartawan.


BACA JUGA