Benteng Rotterdam, Wisata Sejarah, Wisata Sejarah Makassar, Jalan Ujungpandang, Wisata Benteng
Ruang di bawah Gedung J Benteng Rotterdam. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Keangkeran di Balik Wisata Benteng Rotterdam

Jumat, 25 Desember 2015 | 09:03 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Makassar menawarkan beberapa alternatif tujuan wisata bagi para pelancong. Benteng Rotterdam yang berdiri di Jl Ujungpandang ini termasuk salah satunya.

Di balik suguhan bangunan vintage dan pelbagai sejarah di dalamnya, Benteng Rotterdam juga menyimpan cerita mistik.

“Jika kita telusuri jejaknya, ini kan tempat pemerintahan Belanda. Jauh sebelum itu merupakan benteng Kerajaan Gowa dengan berbagai sejarah, tentunya tidak luput dari kata mistik,” ujar Djamaluddin, salah seorang Staf Budaya Sejarah Benteng Rotterdam, ketika mengobrol dengan GoSulsel.com, Selasa (22/12/2015).

Menurut penjelasan Djamaluddin dan kerabatnya, yang waktu itu berada di Ruang Informasi Budaya, banyak kejadian aneh yang biasa dirasakan oleh berbagai staf di area ini.

“Banyak hal yang biasa kita jumpai. Siang-siang juga biasa ada hal aneh yang kita rasakan ketika berada di ruangan. Biasa ada bayangan yang lewat. Ada pula dokumentasi foto yang kita simpan, salah satunya di Gedung Bu’nai’ yang sekarang jadi kantin. Pernah kita dapatkan foto penampakan orang terbang berwarna putih,” cerita Djamaluddin.

Halaman 2

Menurutnya, bekerja di lokasi ini jadi salah 1 tantangan bagi para staf.

“Takut tonjiki awalnya. Cuma karena terbiasami, kita anggap itu sebagai suatu hal yang wajar,” ujar rekan Djamaluddin yang tak ingin disebutkan namanya.

Banyak hal yang dirasakan oleh semua staf yang bekerja di sini. Mulai dari suara teriakan, mendesah, hingga banyak lagi. Tempat ini juga pernah jadi salah 1 tempat uji nyali salah 1 program televisi swasta, tepatnya tahun 2003.

“Saya ingat betul itu hari. Pernah ada salah 1 stasiun tv pernah mengadakan uji nyali di area ini pukul 12 malam. Dari situ kita lebih yakin lagi karena berbagai penampakan, suara teriak perempuan juga masuk terekam dalam video visual tv tersebut,” kenangnya.

Di benteng ini terdapat ruangan tempat di mana Pangeran Diponegoro ditahan Belanda. Ruang tahanan yang sangat sempit itu selalu jadi pilihan utama yang ditengok para pelancong benteng ini.

Halaman 3

Adapun tempat yang dianggap sebagai tempat angker selain ruangan itu, yakni salah 1 bangunan yang berada di sebelah timur benteng. Di sana terdapat pohon mangga yang menurut Djamaluddin sebagai tempat yang mistik.

“Pernah di bagian belakang itu, di sebelah timur, di sebelah sana ada pohon mangga yang besar. Di sana pernah ada anak kecil yang manjat dan ditegur oleh ibunya untuk turun. Setelah itu, anaknya menjelaskan kalau dirinya punya teman di atas pohon dan selalu memberinya magga yang matang,” kisah Djamaluddin.

Namun apa yang diceritakan oleh anak itu berbanding terbalik dengan penglihatan para staf di situ.

“Menurut penglihatan staf di situ, pohon itu belum nampak berbuah seperti yang diungkapkan anak tersebut serta penjara bawah tanah juga,” katanya, mengingat.

Kisah-kisah itu ternyata tak sedikit dipercayai oleh para pengunjung. Salah satunya Rina yang kebetulan berwisata ke Makassar.

Halaman 4

“Hal itu sudah wajar. Setiap bangunan punya penghuni. Yah, kalau saya mending setiap memasuki tempat mistik, apalagi tempat bersejarah, ada baiknya kalau berucap salam dulu. Itu sebagai tanda kalau kita ingin mengunjungi salah 1 tempat,” ujar Rina.

Di tengah beragam cerita mistik yang melingkupinya, namun Benteng Rotterdam tetap ramai dikunjungi para warga dan pelancong. Beragam aktivitas pun digelar di situs sejarah ini.

Berikut foto-fotonya:

Halaman 5

Benteng Rotterdam, Wisata Sejarah, Wisata Sejarah Makassar, Jalan Ujungpandang, Wisata Benteng

 

Halaman 6

Benteng Rotterdam, Wisata Sejarah, Wisata Sejarah Makassar, Jalan Ujungpandang, Wisata Benteng

(*)


BACA JUGA