Ini kondisi SD Cokroaminoto rusak parah.

Sekretaris Dikbud Makassar: Kerusakan SD Cokroaminoto Tanggung Jawab Yayasan

Rabu, 13 Januari 2016 | 18:44 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Gedung SD Cokroaminoto rusak parah sejak beberapa tahun lalu. Bukan hanya itu, siswanya juga belajar di lantai karena tidak memilik meja dan kursi. Menanggapi kondisi itu, Sekretaris Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Makassar, Aryati Puspasari Abadi mengatakan, kerusakan SD dan kurangnya prasara di sekolah merupakan tanggung jawab yayasan.

“Pihak Dikbud sudah memberikan bantuan untuk membangunan sekolah. 2015 lalu juga telah memperoleh bantuan sarana pembangunan gedung. Sekolah swasta bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi yayasan juga punya karena sebagai penyelenggaran pendidikan,” katanya, saat ditemui di kantornya, Jalan Hertasning, Rabu (13/1/2016).

Puspa mengatakan, kerusakan SD Cokrominoto jadi introspeksi dan evaluasi Diknas. Karena, tidak hanya melakukan pembinaan di sekolah swasta tapi juga di sekolah negeri. “Kita sudah siapkan sarananya, kita bangunan gedungnya masa kita lagi yang siapkan bangku, sementara mereka milik yayasan. Sekolah negeri saja yang biaya ful dari kami masih ada yang belum tersentuh,” tuturnya.

Sementara, Kadikmen dasar Diknas Makassar, Hasbi mengatakan, yayasan SD Cokrominonoto Rappokalling, diberikan tenggat waktu agar segera melengkapi sarana penunjang proses belajar mengajar seperti pengadaan kursi dan meja.



“Jika dalam batas waktu yang diberikan tidak memenuhi itu, maka izin operasinya dicabut. Kami segera memanggil pihak yayasan,” ujarnya. (*)


BACA JUGA