Direktur Utama AirNav Indonesia, Bambang Tjahjono, AirNav Indonesia
Direktur Utama AirNav Indonesia, Bambang Tjahjono (kiri, kacamata). (Foto: Sutriani Nina/GoCakrawala)

Makassar ATS Center Upgrade System Euract-X ke ATS Top Sky

Sabtu, 16 Januari 2016 | 18:36 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Sutriani Nina - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Perusahaan umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNP) atau AirNav Indonesia resmi menggunakan Air Traffic Control System (ATS) Top Sky. Penerapan sistem ini diadakan di kantor cabang Makassar Air Traffic Service Center (MATSC).

Direktur Utama AirNav Indonesia, Bambang Tjahjono, menyatakan, sistem Top Sky ini telah digunakan MATSC sejak 21 Desember 2015 lalu.

“Sistem ini sudah kami gunakan sejak akhir tahun lalu dan hasilnya positif. Makanya kami resmikan sekarang,” kata Bambang usai peresmian di Kantor MATSC, Bandara Sultan Hasanuddin, Sabtu (16/01/2016).

Dijelaskan, sebelumnya, sistem Euract-X sudah digunakan MATSC sejak tahun 2005. Pada 2009, sistem ini di-upgrade untuk pertama kalinya. Sehingga bisa melayani Automatic Dependent Surveillance-Broadcast. Di akhir tahun lalu, sistem kembali di-upgrade dari Eurocat menjadi Top Sky.



Halaman 2

“Penggunaan sistem baru ini merupakan bagian dari upaya AirNav Indonesia untuk meningkatkan layanan kepada pengguna jasa navigasi penerbangan,” lanjutnya.

Bambang menjelaskan, selain telah mendukung format Flight Plasn baru yang sesuai dengan standar ICAO, sistem baru ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang lebih optimal. Itu karena ada penambahan perhitungan separasi untuk procedural maupun surveillance secara longitudinal dan lateral.(*)


BACA JUGA